Minggu, 19 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Pendampingan dan Review KOS TP 2021/2022

Pendampingan dan Review KOS TP 2021/2022

Pendampingan dan Review KOS TP 2021/2022

oleh Tim Pengembang KOS Direktorat Pembinaan SMK

 

Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dewasa ini terasa sekali pengaruhnya dalam peningkatan dan perkembangan proses belajar mengajar yang terjadi di institusi pendidikan. Berdasarkan hal tersebut, SMK Negeri 1 Tasikmalaya berupaya semaksimal mungkin untuk mengikuti perkembangan yang ada dan berupaya pula melakukan inovasi dan kreativitas dalam pelaksanaannya.

SMK Negeri 1 Tasikmalaya dalam mengembangkan kurikulum berupaya menggunakan pendekatan desentralistik sesuai dengan fleksibilitas yang diatur oleh Keputusan Menteri Pendidikan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 165/M/2021 tentang Program SMK Pusat Keunggulan dan Keputusan Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Nomor 029/H/KU/2021 tentang Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran pada Program SMK Pusat Keunggulan. Pengembangan kurikulum yang dilakukan di SMK Negeri 1 Tasikmalaya memperhatikan kebutuhan dan situasi sosial-budaya lokal di daerah Tasikmalaya, sesuai dengan kondisi lingkungan, sumber daya pendidikan, kebutuhan dunia kerja dan dunia industri, serta peserta didik.

SMK Negeri 1 Tasikmalaya  bersama-sama dengan Komite Sekolah, Dunia Kerja serta Industri yang ada menganggap pentingnya melakukan revisi untuk pengembangan Kurikulum Operasional Sekolah (KOS) yang berpedoman pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan kebutuhan IDUKA

Dalam penyusunan KOS ini, dilakukan pendampingan oleh Tim Pengembang KOS Direktorat Pembinaan SMK, yang dilakukan hari ini, Selasa 24 Agustus 2021 (Review).