Sabtu, 04 Februari 2023
Pondok Pesantren

Psdi Profile

Psdi Profile

Pondok Schooling Daarul Ilmi lebih dikenal dengan sebutan PSDI bertempat di Komplek Baitul Manshurin Blok B No. 13 desa Cinunuk kecamatan Cileunyi kabupaten Bandung yang merupakan kawasan terpadu pendidikan (PAUD, SMP, SMA dan Pondok Lansia) dengan fasilitas umum lapangan sepak bola, GSG dan masjid sebagai penunjang. PSDI adalah pondok pesantren ramah anak dengan perpaduan 3 kurikulum yaitu; Kurikulum Pondok Pesantren, Sekolah Menengah Atas dan Kurikulum Khusus. Kurikulum Pondok Pesantren dibagi menjadi dua program yaitu Pra Mubaligh dan Pasca Mubaligh.

Program Pra Mubaligh dengan tujuan memproses santri menjadi Mubaligh dari mulai kelas dasar, kelas lambatan, kelas cepatan, kelas saringan, tes kediri dan tes kertosono. Sedangkan Program Pasca Mubaligh memfasilitasi kebutuhan mengajar santri yang sudah menjadi mubaligh dengan status tugasan di kelompok sekitar PSDI dan diberikan surat tugas sebagai Mubaligh Tugasan yang mengajar dari pengajian caberawit hingga pengajian kelompok secara umum. Santri pasca mubaligh diberikan pembekalan ilmu tafsir khutubu arba’ yaitu; Shohih Bukhori, Shohih Muslim, Sunnan Abu Daud dan Sunnan Nasai’. Setiap semesternya ada ikhtibar hadist-hadist bersar tersebut, baik dari hafalan maupun penyampaian tafsir.

Kurikulum Sekolah Menengah Atas yang dipergunakan oleh PSDI adalah kurikulum 2013 bekerjasama dengan SMAN 5 Bandung sebagai Sekolah Induk melalui program Pendidikan Jarak Jauh. Santri PSDI secara sistem DAPODIK terdaftar sebagai siswa/i SMAN 5 Bandung sehingga akan mendapatkan ijazah dari SMAN 5 Bandung beserta dengan hak lainnya sebagai siswa/i lainnya. Untuk memenuhi pembelajaran Jarak Jauh bersama SMAN 5 Bandung santri PSDI difasilitasi bimbel bekerjasa dengan Ganesha Operation memperkuat mata pelajaran yang di UN kan. Kurikulum Khusus dimaksudkan untuk memenuhi kebutuhan santri menghadapi era milenial yang sangat membutuhkan keterampilan-keterampilan.

Untuk memfasilitasi keterampilan santri PSDI agar dapat menghadapi era milenial saat ini melalui program Public Speaking, Entrepreneur, tahfidz Al Qur’an, mendatangkan narasumber, ekstrakulikuler, fieldtrip, dan permintaan lainnya secara personal sesuai minat dan bakat santri. Sebagai lembaga yang memberikan keterampilan vokasional dibentuk Lembaga Kursus dan Pelatihan sehingga sertifikat atau tanda serta lathan dikeluarkan oleh Dinas Pendidikan Kab. Bandung. Pembiasaan Ibadah dan Self Development mulai dari ibadah sholat lima waktu di masjid, sholat dhuha , sholat 1/3 malam hingga puasa sunnah dibiasakan selama sekolah di PSDI. Kegiatan yang mendukung self Development antara lain membiasakan membersihkan dan merapihkan kamar tidur sendiri hingga bergotongroyong membersihkan lingkungan sekitar. Membiasakan mencuci piring sendiri setelah makan pun menjadi kebiasaan yang PSDI harapkan dapat memupuk kemandirian.