Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Unpad Dukung Akselerasi Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

Unpad Dukung Akselerasi Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

[Kanal Media Unpad] Untuk mengakselerasi literasi dan inklusi keuangan syariah, Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (SDNKI) Kemenko Perekonomian RI bekerja sama dengan Pegadaian Syariah dan Universitas Padjajdaran mengadakan sosialisasi keuangan syariah bertajuk Keuangan Syariah Goes to Campus “Peningkatan Inklusi Keuangan bagi Pemuda, Perempuan, dan UMKM Provinsi Jawa Barat”.

Acara diselenggarakan di Grha Sanusi Hardjadinata Unpad Kampus Iwa Koesoemasoemantri, Bandung, Jumat (23/12/2022). Wakil Rektor Bidang Riset dan Inovasi Unpad Prof. Dr. Ir. Hendarmawan, M.Sc. secara resmi membuka acara tersebut.

Prof. Hendarmawan mengatakan, acara tersebut diyakini dapat membawa inspirasi, terutama di tengah keadaan yang tidak menentu terkait ekonomi, sosial, dan politiik.

 “Diskusi ini saya yakin banyak hal yang bisa kita peroleh terutama kami di Universitas Padjadjaran khususnya para mahasiswa,” ujar Prof. Hendarmawan.

Pada kesempatan tersebut, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Drs. Kusmana Hartadji, MM yang  hadir mewakili Gubernur Jabar mengharapkan  bahwa sosialisasi ini dapat menjadi salah satu langkah strategis dalam mendukung upaya peningkatan inklusi keuangan syariah yang akan membawa manfaat pada kemajuan ekonomi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Kusmana mengatakan, akses keuangan meruapakan hak dasar bagi seluruh masyarakat yang  memiliki peran penting dalam meningkatkan taraf hidup. Namun, hal tersebut perlu diiringi dengan pemahaman yang  baik bagi masyarakat.

“Upaya untuk mewujudkan keuangan yang inklusif harus diiringi juga dengan  upaya untuk  mendorong masyarakat  yang melek layanan jasa keuangan, sehingga masyarakat dapat menentukan produk dan layanan jasa keuangan yang sesuai dengan kebutuhan dan memahami dengan mudah manfaat dan risikonya,” ujar Kusmana.

Sosialisasi tersebut menghadirkan pembicara Asisten Deputi Keuangan Inklusif dan Keuangan Syariah Kemenko Bidang Perekonomian  Dr. Erdiriyo, S.E., MM, Kepala Divisi Unit Usaha Syariah PT Pegadaian Beni Martina Maulan, Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad Dr. Ir. Tomy Perdana, S.P., M.M., dan dosen Fakultas Ekonomi dan BIsnis Unpad Dr. Sulaeman Rahman.

Pada kesempatan tersebut, dilakukan juga penandatanganan Piagam Kerja Sama antara Unpad dan Pegadaian Syaiah oleh Prof. Hendarmawan dan Pimpinan Wilayah Kantor Pegadaian Wilayah Bandung Nuril Islamiah.

Penandatanganan tersebut juga disaksikan Direktur Pemasaran dan Pengembangan Produk PT. Pegadaian Elvi Rofiqotul Hidayah, Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Drs. Kusmana Hartadji, serta Direktur Inovasi dan Korporasi Unpad Dr. Ir. Tomy Perdana, S.P., M.M. (arm)*