Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Menguatkan Budaya Antikorupsi dari Lingkungan Kampus

Menguatkan Budaya Antikorupsi dari Lingkungan Kampus

[Kanal Media Unpad] Memperingati Hari Antikorupsi Sedunia pada 9 Desember 2022 lalu, Program Studi Antropologi Universitas Padjadjaran bekerja sama dengan IM57 Institute menggelar seminar bertema “ Indonesia Pulih, Bersatu Lawan Korupsi” di Bale Sawala Gedung Rektorat Unpad, Jatinangor, Kamis (15/12/2022) lalu.

Seminar tersebut dibagi menjadi dua kegiatan, yaitu pemberian materi dari narasumber serta bedah buku “Perlawanan Sehormat-hormatnya: Cerita Pegawai KPK Disingkirkan dari Pemberantasan Korupsi” yang ditulis mantan pegawai KPK RI.

Di sesi narasumber menghadirikan pembicara Guru Besar Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unpad Prof. Arief Anshory Yusuf, PhD, yang memberikan materi mengenai korupsi dari sudut pandang ekonomi; Perwakilan Tokoh Antikorupsi Novel Baswedan yang menjelaskan mengenai pentingnya pemberantasan korupsi; serta Pemimpin Redaksi Koran Tempo Jajang Jamaludin yang memaparkan peran media dalam upaya pemberantasan korupsi di Indonesia.

Diskusi sesi pertama dipandu moderator yang merupakan dosen Prodi Antropologi Unpad Dede Tresna Wiyanti, M.Si.

Sementara sesi bedah buku diisi oleh ulasan yang disampaikan Dosen Ilmu Politik FISIP Unpad Dr. Caroline Paskarina, M.Si., serta alumnus Antropologi Unpad Ronald Paul Sinyal.

Acara ini dihadiri berbagai pihak, mulai dari mahasiswa, dosen, hingga masyarakat umum. Beberapa kesempatan yang diberikan kepada peserta seminar dan bedah buku untuk bercerita tentang pengalaman dan memberikan pendapat mereka mengenai korupsi di Indonesia menyorotkan antusiasme dan harapan masyarakat Indonesia dalam memerangi korupsi. (rilis)*