Jumat, 26 April 2024
Perguruan Tinggi

Mahasiswa KKN UAD Adakan Cek Kesehatan Gratis bagi Lansia di Pranan

Mahasiswa KKN UAD Adakan Cek Kesehatan Gratis bagi Lansia di Pranan

Mahasiswa KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) adakan cek kesehatan gratis bagi Lansia di Pranan (Foto: Farida)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Reguler ke-101 Unit XV.C.3 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan pemeriksaan gratis berupa cek tekanan darah dan gula darah. Kegiatan yang diadakan pada Senin, 27 Februari 2023 di Pranan, Banjaroyo, Kalibawang, Kulon Progo, disambut baik oleh warga. Terbukti sebanyak 50 warga antusias dengan acara yang diselenggarakan. Pelaksanaan kegiatan ini berangkat dari kepedulian para mahasiswa KKN UAD terhadap kesehatan para lansia.

Sasaran utama pemeriksaan adalah lansia yang memiliki risiko tinggi terhadap hipertensi dan diabetes. Tujuan dari kegiatan yakni untuk meningkatkan kesadaran warga agar mengontrol kondisi kesehatan, khususnya warga lansia di Padukuhan Pranan. KKN UAD bekerja sama dengan Puskesmas Kalibawang dari segi penyediaan fasilitas dan sosialisasi kesehatan.

Lebih lanjut, pemeriksaan kesehatan yang dilakukan berupa cek tekanan darah, gula darah, serta pengukuran tinggi badan dan berat badan. Warga juga mendapat konseling pentingnya menjaga gaya hidup sehat seperti mengurangi makan berlemak, mengurangi makanan yang mengandung gula tinggi, dan mengurangi makanan bersodium tinggi atau garam.

Selain program pemeriksaan kesehatan, mahasiswa KKN UAD pun melaksanakan program penyuluhan tentang pencegahan DBD melalui 3M Plus (menguras, menutup, mengubur) untuk menunjang tingkat kepedulian masyarakat dalam menjaga kesehatan.

Harapannya, dengan adanya acara ini bisa memenuhi kebutuhan kesehatan warga khususnya lansia serta meningkatkan kesadaran untuk menjaga kesehatan diri dan lingkungan. “Semoga dengan adanya cek kesehatan gratis ini, masyarakat dapat lebih sadar dan peduli terhadap masalah kesehatan dengan mengurangi konsumsi gula serta membentuk pola hidup sehat terutama bagi warga lansia, sehingga akan menciptakan masyarakat yang sehat dan bugar ke depannya,” tutup Hasna Fadhilla, salah satu mahasiswa KKN UAD. (frd)

uad.ac.id