Sabtu, 04 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Dua Mahasiswa UAD Lolos IISMA 2024

Dua Mahasiswa UAD Lolos IISMA 2024

Dua Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Lolos IISMA 2024 (Dok. Istimewa)

Dua mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) kembali menorehkan prestasi cemerlang. Berdasarkan pengumuman akhir program Indonesian International Student Mobility Awards (IISMA), pada Rabu 20 Maret 2024, dua mahasiswa UAD dinyatakan lolos mengikuti program. Mereka adalah Putri Nabilah Yuningtias dari Program Studi (Prodi) Psikologi dan Huda Mujaki Putra Andiana dari Prodi Ekonomi Pembangunan.

Putri akan melaksanakan program IISMA tahun 2024 di University of Galway, Ireland. Sementara Huda akan menempuh pertukaran mahasiswa di Woosong University, Republic of Korea. IISMA merupakan satu dari delapan program flagship di bawah kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang diselenggarakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) bekerja sama dengan Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP) melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi.

Tahun ini, IISMA menarik minat ribuan mahasiswa di Indonesia, dengan 12.268 pendaftar jalur sarjana dan 2.943 pendaftar jalur vokasi. Saat diwawancarai, Putri mengungkapkan kegembiraannya karena berhasil lolos, menyatakan keinginannya untuk belajar di luar negeri sejak SMP, dan berharap dapat memberikan manfaat bagi teman-teman di UAD setelah kembali.

“Aku berminat banget ikut IISMA karena pengin nambah pengetahuan dari perspektif yang beragam, dan belajar Psikologi di salah satu universitas terbaik di dunia. Insyaallah manfaatnya nanti bisa aku bagikan ke temen-temen di UAD, terutama Fakultas Psikologi. Selain itu, seperti kebanyakan mahasiswa, aku juga pengin ngebanggain orang tua,” paparnya.

Senada dengan Putri, Huda mengungkapkan keinginan yang sama untuk memiliki pengalaman kuliah di luar negeri. Di sisi lain, pilihannya untuk menempuh pendidikan di Korea karena ia menyukai budaya dan makanannya, ditambah Woosong University menawarkan jurusan yang satu linier dengannya.

Baik Huda maupun Putri mengatakan bahwa kunci keberhasilan mereka dalam mengikuti seleksi program IISMA tak lain adalah persiapan esai yang matang, personal branding, hingga English Proficiency Test (EPT).

Keduanya juga mengakui bahwa UAD sangat mendukung mahasiswa yang mendaftar IISMA tahun ini. “Pihak Kantor Urusan Internasional UAD sempat menyelenggarakan pembinaan IISMA untuk belajar EPT dan IISMA Camp, di mana para pendaftar IISMA dari UAD berlatih menulis esai dan wawancara dengan alumni,” ungkap Putri.

“Bismillah, aku harap semoga studiku dan Huda di host countries kami masing-masing bisa lancar dan menyenangkan, bisa dapet temen-temen baru yang baik dan seru, membawa nama baik UAD, dan tentunya memberi manfaat untuk UAD ketika sudah pulang. Untuk temen-temen yang minat daftar IISMA tahun depan, semangat ya! Semoga dilancarkan dan mendapat hasil yang terbaik,” imbuh Putri. (doc)

uad.ac.id