Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Bulan Bahasa Bali di SMKN 3 Denpasar

Bulan Bahasa Bali di SMKN 3 Denpasar

Bulan Bahasa Bali (BBB) ke-6 di SMKN 3 Denpasar berlangsung dari tanggal 15 Februari – 16 Februari 2024. Ajang bahasa, aksara dan sastra Bali ini digelar oleh SMKN 3 Denpasar sebagai bentuk implementasi dari Peraturan Daerah Provinsi Bali Nomor 4 Tahun 2020 tentang Penguatan dan Pemajuan Kebudayaan Bali serta Peraturan Gubernur Bali Nomor 80 Tahun 2018 tentang Perlindungan dan Penggunaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali.

“BBB ke-6 pasti ada di tahun 2024 ini dilaksanakan sehari setelah kegiatan pemilu 2024. Pelaksanaan BBB ke-6 ini mengangkat tema “Jana Kerthi Dharma Sadhu Nuraga” yang bermakna Bulan Bahasa Bali merupakan altar pemuliaan Bahasa, Aksara dan Sastra Bali sebagai sumber kebenaran, kebijaksanaan dan cinta kasih untuk memperkuat jati diri krama Bali. Tema ini diterjemahkan ke dalam 6 agenda, yakni Wimbakara (Lomba), Sesolahan (Seni Pertunjukkan), Widyatula (Seminar), Kriyaloka (Workshop) dan Reka Aksara (Pameran). Tahun ini juga memberikan penghargaan Bali Kerthi Nugraha Mahottama kepada tokoh penggiat sastra.

Bulan Bahasa Bali di SMKN 3 Denpasar dibuka secara resmi oleh Kepala SMKN 3 Denpasar, Drs. A.A Bagus Wijaya Putra, M.Pd di Aula SMKN 3 Denpasar. Bulan Bahasa kali ini diisi dengan berbagai lomba yang diikuti oleh perwalikan dari masing-masing kelas, yang meliputi lomba, Bali Grafi, Pidarta, Nyurat Lontar, Menyalin Aksara Bali, Lagu Pop Bali, lomba Busana Adat Bali Kuno.