Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia Jenjang SMK se Kota Denpasar

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia Jenjang SMK se Kota Denpasar

Festival Inovasi dan Kewirausahaan Siswa Indonesia (FIKSI) adalah sebuah ajang talenta di bidang vokasi yang diselenggarakan untuk peserta didik jenjang SMA/MA dan SMK. Ajang diselenggarakan secara bertingkat mulai dari daerah hingga nasional, untuk menjaring peserta terbaik dari 38 provinsi. Mekanisme bertingkat tersebut merupakan salah satu cara untuk memberikan kesempatan yang sama dan adil bagi peserta didik di seluruh Indonesia untuk berprestasi dan menjadi bibit-bibit talenta potensial.

Untuk Kota Denpasar, Lomba dilaksanakan di SMKN 3 Denpasar pada tanggal 29 dan 30 Januari 2024 bertempat di Aula SMKN 3 Denpasar. Lomba diikuti oleh SMK se Kota Denpasar dengan beberapa mata lomba seperti : Industri Kreatif, Teknologi Digital, Kesehatan dan Wirausaha Sosial, serta Pariwisata dan Kuliner.

Untuk mata lomba Industri Kreatif, Juara 1 diraih oleh SMKN 3 Denpasar, juara 2 juga diraih oleh SMKN 3 Denpasar dan juara 3 diraih oleh SMKN 5 Denpasar. Untuk mata lomba Teknologi Digital, juara 1 diraih oleh SMKN 1 Denpasar dan juara 2 diraih oleh SMKN 6 Denpasar. Untuk mata lomba Kesehatan dan Wirausaha Sosial, juara 1 dan 2 diraih oleh SMK Farmasi Saraswati 3 Denpasar dan juara 3 diraih oleh SMK Kesehatan Bali Medika Denpasar. Untuk mata lomba Pariwisata dan Kuliner, juara 1 dan 2 diraih oleh SMKN 3 Denpasar, dan juara 3 diraih oleh SMKN 5 Denpasar.

Para peserta yang lolos juara pada tingkat region ini, akan mewakili Kota Denpasar pada ajang lomba Fiksi Tinggkat Provinsi, dan akan bertarung untuk memperebutkan tiket ke jenjang nasional.