Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

SMK Fest 2024 Region 5 Kota Denpasar Digelar di SMK 3 Denpasar

SMK Fest 2024 Region 5 Kota Denpasar Digelar di SMK 3 Denpasar

Dinas PPO Provinsi Bali menggelar acara SMK Fest tingkat Kabupaten/Kota 2024 yang pada hari ini, Senin, 29 Januari 2024, serentak diselenggarakan di beberapa sekolah SMK di Bali seperti SMK Negeri 3 Denpasar. Dan di SMK Negeri 3 Denpasar SMK Fest ini dibuka oleh Kepala UPT. BPTEKDIK Luh Made Seriarningsih, S.Kom.,M.A.P., mewakili Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Dr. KN. Boy Jayawibawa. Acara ini berlangsung dari Senin, 29 Januari s.d 31 Januari 2024 dan dihadiri beberapa Kepala SMK Negeri dan Swasta, diantaranya Kepala SMK Negeri 3 Denpasar Drs. A.A. Bagus Wijaya Putra, M.Pd., yang merupakan penyelenggara SMK Fest 2024, kemudian Kepala SMK Negeri 5 Denpasar, I Made Buda Astika, S.Pd., M.Pd., Kepala SMK PGRI 3 Denpasar, Drs. I Nengah Madiadnyana, M.Pd dan Kepala SMK TI Global, I Gusti Made Murjana, M.Pd.

Dalam sambutannya, Kadis PPO Provinsi Bali yang dibacakan Kepala UPT. BPTEKDIK, Luh Seriarningsih, S.Kom.,M.A.P mengatakan,” Kita patut berbangga bahwasanya kembali lagi kita dapat melaksanakan lomba-lomba berbagai bidang antar anak didik kita di Kota Denpasar yang sudah lama kita tidak laksanakan lagi. Semoga kegiatan ini menjadi momentum yang sangat baik untuk mendapatkan kandidat terbaik untuk lomba yang menjadi wakil di tingkat Provinsi Bali,” ucapnya.

“Pada tahun ini SMK Fest dan Expo Produk Teaching Factory SMK Kota Denpasar mengambil Tema: “MERDEKA BERKARYA VOKASI BERJAYA”, mari kita saksikan ajang lomba dan pameran produk sesuai tema ini secara bersama-sama sembari kita saling memperoleh keunggulan dan keunikan yang disajikan oleh wakil siswa SMK se-Kota Denpasar. Serta jadikan backmarking kita untuk mengembangkan dan meningkatkan mutu pendidikan vokasi di kota Denpasar,” ajak Boy Jayawibawa.

embari menekankan,” yang paling penting lagi kita akan mendapatkan kandidat terbaik dari masing-masing mata lomba yang akan menjadi duta kita di tingkat Provinsi. Anak-anak dari SMK mana saja yang akan menjadi duta terbaik kita, mari kita dukung bersama. Sehingga harapan kita sebahagian besar mata lomba di tingkat provinsi menjadi terbaik nantinya,” harap Boy Jayawibawa.

Kepala UPT. BPTEKDIK, Luh Seriarningsih, S.Kom.,M.A.P., di sela-sela menyaksikan stand SMK Fest 2024 mengatakan, pihaknya sangat apresiatif diselenggarakannya acara SMK Fest ini karena dari ajang ini bisa mendapatkan kandidat terbaik untuk menjadi wakil Kota Denpasar ke tingkat provinsi. “Saya sangat apresiasi apa yang sudah dilakukan SMK dalam kegiatan ini yang dilaksanakan untuk pertama kalinya di 6 region di Provinsi Bali yaitu di SMKN 3 Singaraja, SMKN 2 Negara, SMKN 3 Denpasar, SMKN 1 Kuta Selatan, SMKN 1 Sukawati dan SMKN 4 Bangli. Dari penyelenggaraan SMK Fest ini tentu kita ingin mendapatkan talenta-talenta muda dari antara siswa SMK yang hadir di sini yang tentunya menjadi kandidat mewakili Kota Denpasar dalam lomba di tingkat Provinsi Bali nantinya,” jelasnya.

Di pihak lain, Kepala SMK 5 Denpasar, I Made Buda Astika, S.Pd., M.Pd., mengungkapkan,” kita berterimakasih kepada pemerintah melalui Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga atas penyelenggaraan Acara SMK Fest Kabupaten/Kota, karena dari 36 Sekolah yang berpartisipasi, anak-anak kelihatan gembira dan sangat antusias mengikuti kegiatan ini. Dan yang lebih penting kita mendapatkan kandidat terbaik yang akan mewakili Kota Denpasar dalam lomba di tingkat Provinsi nanti,” ucap Buda Astika.

Kepala Sekolah SMK Negeri 3 Denpasar Drs. A.A. Bagus Wijaya Putra, M. Pd., selaku penyelenggara SMK Fest Kabupaten/Kota mengucapkan,” Terima kasih kepada seluruh partisipan dari Siswa dan Guru SMK, Siswa SMP dan Industri serta para sponsor yang berkenan hadir di SMK 3 Denpasar. Acara ini berlangsung berkat kolaborasi. Dengan berkolaborasi bersama kita bisa melaksanakan acara ini dengan baik. Semoga penyelenggaraan SMK Fest ini dari hari ini hingga penutupan tiga hari kedepan berlangsung lancar tanpa hambatan apa-apa. Dan seperti harapan ibu dari Dinas tadi dan bapak Kepala SMK 5 tadi tentunya kita harapkan dari penyelenggaraan acara ini kita mendapatkan kandidat yang terbaik untuk wakil kita di tingkat Provinsi nanti. Jujur acara ini di luar ekspektasi kita. Karena yang kita undang sedikit tapi partisipannya banyak,” tuturnya.

Dijelaskan lebih lanjut bahwa persiapan intensif sebelum Hari H disampaikan A.A. Bagus Wijaya Putra,” Kita persiapannya satu bulan lalu. Yang paling intensif dua minggu terakhir. Terutama masalah teknis,” jelasnya.

Menurutnya, acara ini kedepan semestinya menjadi perhatian supaya penyelenggaraannya dilakukan di tempat yang lebih luas, semisal salah satunya Lapangan Puputan Renon (Bajra Sandhi),” Sehingga lebih banyak lagi masyarakat yang ikut menyaksikan,” imbuhnya.

Pihaknya berharap pula lebih banyak lagi siswa SMP yang ikut menyaksikan agar mereka mendapat pemahaman yang lebih luas terkait keberadaan SMK. “Saya berharap siswa SMP bisa menyaksikan acara SMK Fest karena kita ingin mereka memiliki wawasan tentang SMK. Dari acara ini kita tentu ingin agar anak-anak SMP itu mau masuk SMK biar mereka bisa cepat dapat pekerjaan sehingga bisa membantu ekonomi orang tuanya,” pinta A.A. Bagus Wijaya Putra.

Koordinator konsultan SMK Fest 2024 Provinsi Bali yang juga Waka Kurikulum SMK Negeri 3 Denpasar, Nyoman Aris Suparni, S.Pd., M.Pd., menjelaskan bahwa,” SMK Fest 2024 dengan tema Merdeka Berkarya Vokasi Berjaya ini merupakan inisiasi dari Bapak Kepala Bidang Pembinaan SMK yaitu Bapak I Gusti Ngurah Crisna Adijaya, SSTP. SMK Fest 2024 ini dilaksanakan untuk memberikan wadah dalam menuangkan kreatifitas peserta didik SMK sesuai dengan bakat, minat serta talenta yang dimiliki. Disamping itu juga kegiatan ini untuk menumbuhkan sportifitas pada generasi muda, bisa menghargai kelebihan dan kekurangan yang akan digunakan sebagai pedoman untuk menyempurnakan diri dan berlatih cara beradaptasi sehingga memiliki resilient (daya tahan) dalam menghadapi persaingan global. Melalui 4 bidang lomba yang diusung yaitu Bidang Seni (FLS2N), Olah Raga (O2SN) , (LKS) merupakan ajang untuk mengasah kompetensi siswa. dan Fiksi adalah suatu wadah untuk melahirkan startup-startup yang dapat meningkatkan life skill menjadi peluang berwirausaha sebagai bekal hidup,” katanya.

Melalui SMK Fest 2024 ini akan lahir talenta-talenta terbaik yang akan mewakili kabupaten kota menuju seleksi Tingkat Provinsi, dan talenta terbaik ditingkat provinsi akan mendapat kesempatan mewakili Bali ke Tingkat nasional,” tuturnya.

“Dalam kegiatan perdananya, SMK Fest 2024 dibagi menjadi 6 region kabupaten/kota se-Bali yaitu region Denpasar, Bangli mencakup (Klungkung, Karangasem), Gianyar, Singaraja, Badung dan Tabanan mencakup (Jembrana). Denpasar sebagai salah satu Region dari 6 region yang ada, melaksanakan SMK Fest 2024 melalui kolaborasi dengan 36 SMK negeri dan swasta yang ada di Denpasar.

Sembari menambahkan,” Kami juga mengundang BLK-BLK, lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi, untuk berkolaborasi dan bersinergi dalam mengantarkan anak bangsa menggapai impiannya dengan arah yang sama dari hulu ke hilir dan tidak terpenggal-penggal.”

“Melalui Langkah nyata ini tentunya apa yang menjadi Visi Pendidikan kita yaitu, menjadikan anak bangsa yang kompeten, produktif, kreatif dan kompetitif berlandaskan Profil Pelajar Pancasila, akan dapat tercapai dan harapan lanjut akan terlahir generasi emas 2045. Ini sebuah tantangan memang tapi yakin akan dapat terwujud dengan kerja nyata, tulus, iklas didasari komitmen dan tanggung jawab. Dengan pertolongan dan petunjuk Hyang Parama Kawi akhirnya SMK Fest 2024 ini bisa kita selenggarakan dengan baik.”

“Tentu kita tidak pernah berhenti memohon doa dan dukungan Pemerintah khususnya pemerintah daerah, stakeholder dan Masyarakat, agar apa yang menjadi tujuan mulia SMK Fest 2024 ini dapat terwujud untuk Bali khususnya dan Nasional umumnya,”.

Sumber : https://beritafajartimur.com/