Jumat, 17 Mei 2024
Perguruan Tinggi

DWP IAIN Fattahul Muluk Papua Ikuti Halal Bihalal dan Seminar Kesehatan DWP Kemenag RI

DWP IAIN Fattahul Muluk Papua Ikuti Halal Bihalal dan Seminar Kesehatan DWP Kemenag RI

(iainfmpapua.ac.id) – Dharma Wanita Persatuan (DWP) Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua mengikuti kegiatan Halal bi Halal dan Seminar Kesehatan dalam rangka Peringatan Hari Kartini yang digelar Dharma Wanita Persatuan Kementerian Agama RI secara daring, 30 April 2024.

Penasehat DWP Kementerian Agama RI Hj. Eny Retno Yaqut Qoumas mengajak seluruh anggota DWP Kementrian Agama RI merajut persaudaraan.

“Melalui kegiatan ini, mari memperkuat barisan dan mengisi hari dengan kebahagaiaan di bawah payung organisasi yang kita cintai,” ujarnya. Menurut Eny, kegiatan yang mengangkat tema ‘Women Health & Well Being Of Women’ ini merupakan bentuk upaya untuk mewujudkan peningkatan kualitas kesehatan perempuan baik jasmani maupun rohani. Dalam arahannya, ia juga menjelaskan 2 hal yang menjadi pilar utama untuk mewujudkan perempuan sehat dan sejahtera. “Ada self love mencintai diri sendiri namun tidak egois, selflove sendiri merupakan perwujudan rasa syukur kita kepada Tuhan dan perilaku ini sangat erat kaitannya dengan kesehatan mental,” tambahnya. Yang kedua, lanjutnya, apresiasi dan validasi diri, meningkatkan kepercayaan diri, potensi dan kualitas diri sehingga tidak tergantung pada penilaian orang lain.

Sebelumnya, Ketua DWP Kementerian Agama RI Hilda Ainisyifa Ali Ramdani dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan Halal Bihalal yang dirangkaikan dengan Peringatan Hari Kartini ini merupakan wadah untuk bersilaturahmi. Sebelumnya, juga telah dilaksanakan berbagai kegiatan gebyar Ramadhan oleh DWP Kementerian Agama RI. “Kegiatan ini mengajarkan arti penting kebersamaan untuk saling memaafkan dan berbagi kebahagiaan,” ungkapnya. Sedangkan peringatan Hari kartini merupakan momentum untuk mengenang jasa pahlawan yang memperjuangkan pendidikan untuk wanita saat ini. “Perjuangannya patut kita rayakan dengan maksud untuk memberikan motivasi dan semangat dalam meningkatkan kualitas perempuan di berbagai aspek dan sektor,” jelasnya. Hilda berharap, melalui kegiatan ini, akan semakin banyak kartini Indonesia yang tangguh dan mejadi teladan di lingkungan sekitarnya.

Narasumber pada kegiatan kali ini dr. Elvine Gunawan, SpKJ, dalam paparannya mengatakan bahwa perempuan harus saling mendukung satu dengan yang lain. “Women empowering women, ini pentingkarena yang dapat mensupport wanita ya hanya wanita itu sendiri,” ungkapnya. Menurutnya, wanita harus memiliki support system yang positif.

Ketua DWP IAIN Fattahul Muluk Papua Ny. Suyanti Marwan Sileuw mengatakan, Halal bihalal dan Seminar ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan di Bulan Ramadhan yang selalu diikuti anggota DWP. “Semoga dengan kegiatan hari ini kita bisa banyak menimba ilmu dan semakin memperat tali silahturahmi,” pungkasnya. Kegiatan ini dihadiri oleh seluruh DWP Kementerian Agama RI baik di tingkat pusat, daerah, PTKN dan unit-unit lainnya. (Za/Is/Her/)