Kamis, 16 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Halal Bihalal IAIN Papua: Tiga Ikatan Persaudaraan Dalam Islam

Halal Bihalal IAIN Papua: Tiga Ikatan Persaudaraan Dalam Islam

 (iainfmpapua.ac.id) –  Keluarga besar Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar kegiatan Halal Bihalal dengan tema ‘Memperkuat Ukhuwah Islamiyah untuk Membangun Ukhuwah Wathaniyah  dan Ukhuwah Insaniyah’ di Pantai Hamadi, Kota Jayapura, 27 April 2024.

Dalam tausiyahnya, Dr. Moh. Wahib, Lc.MA menerangkan bahwa ada 3 ikatan persaudaraan dalam Islam yakni islamiyah, wathaniyah dan insaniyah. “Karena kita hidup dalam kalangan masyarakat dengan berbagai bangsa dan suku sehingga kita harus saling mengenal,” terangnya. Menurutnya dengan menerapkan 3 ikatan tersebut, manusia bisa saling menghargai satu sama lain. “Seperti menghargai perbedaan suku lain mulai dari perbedaan bahasa, istilah, gaya hidup dan karakter masing-masing, sehingga dapat menciptakan kehidupan masyarakat yang harmonis,” tuturnya. Wahib juga berpesan agar perbedaan jangan menimbulkan perpecahan. “Termasuk dalam islamiyah atau antar sesama umat muslim, seperti perbedaan tata cara beribadah,” imbuhnya. Kemudian, ia juga menekankan pentingnya saling memaafakan antar sesama. “Dalam Islam dianjurkan untuk tidak membiarkan orang lain merasa sakit hati lebih dari 3 hari, maka harus saling bertegur sapa dan saling memaafkan, mengasihi dan menyanyangi,” jelasnya.

Dalam sambutan sebelumnya, Rektor IAIN Fattahul Muluk Papua, Dr. H. Marwan Sileuw, M.Pd menyampaikan bahwa kegiatan halal bihalal ini merupakan bentuk komitmen intansi yang digelar tiap tahun. “Mari menjaga kebersamaan dan keutuhan ini serta dapat dijalankan terus, khususnya dalam momentum perayaan hari besar keagamaan” imbuhnya.

Kepala Biro AUAK, Dr. Basman, M.Ag selaku ketua pantia menerangkan bahwa kegiatan ini sekaligus sebagai ajang silaturahmi keluarga besar IAIN Fattahul Muluk Papua. “Selain itu, tema yang kami buat ini didasari dengan banyaknya konflik perpecahan di kalangan umat muslim, sehingga kegiatan ini bertujuan untuk memperkuat ukhuwah Islamiyah untuk membangun ukhuwah wathaniyah dan ukhuwah insaniyah bagi kalangan pegawai di kampus,” urainya. Menurutnya, kegiatan ini untuk memperat harmonisasi antar warga kampus. “Kita perlu memperbaiki ukhuwah islamiyah kita sebelum melebar ke ukhuwah persaudaraan dan kebangsaan untuk membangun persaudaraan kemanusiaan secara universal,” ungkapnya.

Halal bihalal ini juga diselingi dengan ramah tamah dan games antar warga kampus. Kegiatan ini dihadiri oleh mantan Wakil Rektor I,  Dr. H. M. Dahlan Sain, S.Ag. M.M, pejabat, ASN, ketua dan anggota Dharma Wanita Persatuan, dan mahasiswa IAIN Fattahul Muluk Papua beserta keluarga. (Za/Is/Her).