Minggu, 19 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Perpustakaan IAIN Papua Sosialisasikan Strike Plagiarism

Perpustakaan IAIN Papua Sosialisasikan Strike Plagiarism

(iainfmpapua.ac.id) –  Perpustakaan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Fattahul Muluk Papua menggelar sosialisasi penggunaan aplikasi Strike Plagiarism secara daring, Senin 6 Mei 2024. Wakil Rektor I IAIN Fattahul Muluk Papua Dr. H. Talabudin Umkabu, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa aplikasi pendeteksi plagiasi karya tulis sejak awal ini sangat penting bagi mahasiswa, dosen dan institusi.

“Karena ke depan kita akan jalin kerjasama dengan Kemenkumham terkait Hak Atas Kekayaan Intelektual atau HAKI baik terkait karya jurnal dosen, mahasiswa maupun tendik,” jelasnya. Menurutnya, pemeriksaan plagiasi akan sangat berdampak pada kualitas karya yang dihasilkan mahasiswa, dosen, maupun tendik. “Nantinya setelah dicek plagiasinya baru bisa kita daftarkan HAKI-nya melalui Kemenkumham,” ujarnya. Warek berharap kegiatan ini akan membantu meningkatkan mutu dan pelayanan akademik di IAIN Fattahul Muluk Papua.

Sementara itu, Kepala Perpustakaan IAIN Fattahul Muluk Papua Tuwaji S.Sos, M.M mengatakan, dosen mempunyai peran penting dalam mengurangi plagiasi. “Dosen harus memiliki karakter tegas, disiplin, teliti dan kritis dalam penilaian tugas mahasiswa seperti makalah, artikel dan skripsi atau tesis,” ungkapnya. Menurut Tuwaji, terdapat banyak cara meminimalisir perilaku plagiasi mahasiswa. “Salah satunya dengan memberi tugas mahasiswa untuk observasi lapangan dan membuat laporan hasil obeservasi ini melatih mahasiswa membuat karya tulis berdasarkan data lapangan bukan menjiplak karya orang lain,” tegasnya. Selain itu, lanjutnya, dosen juga perlu memotivasi kegemaran membaca mahasiswa agar ke depannya mahasiswa memiliki pengetahuan yang luas. 

Kegiatan yang digelar melalui platform aplikasi zoom meeting ini menghadirkan Rina dari strikeplagiarism.com sebagai trainer. Ia memaparkan teknis dan cara penggunaan aplikasi web ini kepada para peserta. Kegiatan yang disabung diskusi ini diikuti oleh dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan IAIN Fattahul Muluk Papua. (Za/Is/Her)