Sabtu, 27 April 2024
Perguruan Tinggi

Umsida Mengoptimalkan Pelayanan Bagi Mahasiswanya

Umsida Mengoptimalkan Pelayanan Bagi Mahasiswanya

Umsida.ac.id- Demi mendukung kelancaran studi dan prestasi mahasiswanya. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) terus meningkatkan pelayanan dan pembelajaran yang berkualitas bagi mahasiswa.

Umsida pada tahun 2022 mengusung kebijakan kegiatan alternatif bagi mahasiswa yang dapat menggantikan skripsi/ tugas akhir. Beberapa kegiatan itu antara lain artikel yang terindeks Sinta 1 hingga 4, Program Kreativitas Mahasiswa (PKM), Magang kerja industri dan pembuatan Teknologi Tepat Guna (TTG).

Rabu (08/03/2023) pada kegiatan rapat akademik semester genap tahun ajaran 2022-2023, Wakil Rektor 1 Dr Hana Catur Wahyuni ST MT memaparkan bahwa lomba nasional atau internasional sesuai dengan bidang keilmuan mahasiswa juga dapat menggantikan skripsi atau tugas akhir mahasiswa. Hal ini tertera dalam keputusan rektor tahun 2023.

Bukan hanya itu, Dr Hana juga memaparkan mengenai perbaikan pelayanan kepada mahasiswa untuk kedepannya. Beberapa poin yang perlu diperbaiki para dosen adalah kedisiplinan, perkuliahan dan pembimbingan skripsi atau tesis.

Pada poin kedisiplinan Dr Hana menegaskan bahwa dosen tidak diperkenankan sering mengubah jadwal perkuliahan. “Dimohon agar bapak ibu dosen tidak sering mengubah jam perkuliahan, hal ini akan berimbas terhadap mahasiswa, harusnya mereka bisa mengikuti mata kuliah lain namun semuanya harus bergeser. Selain itu dosen hanya memiliki maksimal 4 kali daring dalam 1 mata kuliah,” tegasnya.

Pada aktivitas perkuliahan dosen juga diminta untuk aktif mengajar dalam satu semester 16 kali pertemuan, selalu update materi atau RPS dan mengimplementasikan CBL/PBL.

Wakil rektor 1 Umsida itu juga mengingatkan mengenai proses pembimbingan skripsi dosen kepada mahasiswa.

“Saat bapak ibu membimbing mahasiswa diharap menjalin komunikasi dengan baik, selain itu juga best practice terutama saat ini mahasiswa diutamakan untuk publish di jurnal sinta maka bapak ibu juga harus memiliki beberapa artikel yang sudah terpublish di sinta agar mahasiswa bisa melihat contoh artikel bapak ibu. Dan juga mohon meluangkan waktu saat mahasiswa melakukan bimbingan skripsi,” ungkapnya.

Dalam kegiatan pembinaan dosen dan persiapan pembelajaran semester genap ini dihadiri oleh seluruh dosen dan unit kerja di Umsida. Tujuan dari kegiatan ini tentu ingin memberikan perubahan bagi Umsida. Terutama mengenai kelancaran belajar dan mengoptimalkan pelayanan bagi mahasiswa.

Penulis: Rani Syahda Hanifa