Senin, 06 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kolaborasi dengan Startup, FBHIS Umsida Gelar Try Out UTBK SNBT 2024

Kolaborasi dengan Startup, FBHIS Umsida Gelar Try Out UTBK SNBT 2024

Umsida.ac.id – Fakultas Bisnis, Hukum, dan Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (FBHIS Umsida) berkolaborasi dengan beberapa start up seperti Telkomsel, ilmupedia, dan ruangguru, menggelar Try Out UTBK SNBT 2024.

Bertempat di Ruang Pleno FKG GKB 1  lantai 7, pada Rabu (24/04/2024), kegiatan ini diikuti oleh sekitar 25 SMA/SMA/sederajat yang ada di daerah Surabaya, Sidoarjo dan sekitarnya. Dan ada lebih dari 250 siswa yang hadir untuk mengikuti kegiatan ini.

Lihat juga: Ini 8 Hal yang Dipelajari di Kuliah Jurusan Hukum

Ilmupedia dan ruang guru merupakan startup penyedia layanan pendidikan (bimbingan belajar) online yang sudah cukup dikenal masyarakat. Try Out ini menyediakan soal-soal latihan yang diprediksi akan muncul saat tes. Tujuannya untuk melatih siswa sebelum melakukan tes masuk perguruan tinggi yang akan dilaksanakan pada akhir April hingga Mei besok. 

Umsida setara dengan kampus lainnya
Try Out UTBK 2024 FBHIS Umsida
Dok FBHIS Umsida

Wakil Rektor tiga Umsida, Dr Nurdyansyah MPd dalam sambutannya menyampaikan, “Sekilas saya melihat data yang daftar Try Out ini cukup banyak. Hal ini menandakan bahwa banyak siswa yang memiliki minat untuk melanjutkan studi ke jenjang perkuliahan. Termasuk juga Umsida, saat ini Umsida sudah terakreditasi unggul. Dan di Jawa Timur, hanya ada dua PTMA yang sudah terakreditasi unggul, yakni UMM dan Umsida,”.

Sekarang, lanjutnya, baik perguruan tinggi negeri maupun swasta, sedang bersaing luar biasa karena sudah tidak ada perbedaan antara perguruan tinggi tersebut. Terlebih Umsida telah unggul yang berarti juga memiliki kedudukan setara dengan perguruan tinggi negeri.

“Salah satu rangkaian dari kegiatan hari, kalian juga akan melakukan campus tour. Saat itu kalian bisa menilai Umsida ini seperti apa, sudah sebagus apa Umsida yang sekarang unggul dan setara dengan kampus lain,” tutur Dr Nurdyansyah.

Ia berharap dengan adanya Try Out ini, para siswa bisa memiliki acuan lebih banyak sebelum melakukan tes UTBK nanti dan bisa diterima di kampus impian, baik PTN maupun PTS. Umsida telah memfasilitasi kegiatan ini dengan baik agar pelaksanaan Try Out berjalan lancar.

Lihat juga: Prodi Fisioterapi Umsida Andil di Skrining Kesehatan di 34 Provinsi yang Jadi Rekor Muri

Try Out pertama kolaborasi FBHIS dan Startup
Try Out UTBK 2024 FBHIS Umsida
Dok FBHIS Umsida

Selanjutnya, Poppy Febriana SSos MMedKom selaku dekan FBHIS mengatakan bahwa kerjasama antara fakultas ini dan Telkomsel sudah berjalan cukup lama dan sudah banyak kegiatan kolaborasi, namun bentuk kerja sama Try Out baru dilaksanakan pertama kali pada hari ini.

“Dan saat ini, Telkomsel juga menggandeng ilmupedia dan ruangguru yang menyediakan materi untuk Try Out. Walau ini kegiatan perdana, tapi antusias siswa sangat baik. Dan yang mengikuti kegiatan ini tak hanya siswa dari sekolah Muhammadiyah saja, tapi juga sekolah lainnya,” jelas dosen prodi Ilmu Komunikasi itu.

Lebih lanjut, Poppy menyatakan bahwa kerja sama ini akan berlanjut dengan bentuk kegiatan yang serupa bahkan lebih menarik mengingat di Try Out ini mereka sangat antusias. Ditambah lagi, banyak dukungan yang bersedia untuk merealisasikan kegiatan ini, seperti dari by.U, kuncie, dan skul.id.

Salah satu siswa yang mengikuti rangkaian kegiatan hari ini adalah Stabitah Ulayya, siswa dari Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Sidoarjo. Siswa dari jurusan IPA ini mengikuti Try Out ini untuk menambah materi UTBK yang akan ia ikuti pada 7 Mei nanti.

“Saya kan pengguna ruangguru, jadi ada informasi di situ tentang kegiatan ini, dan sekolah juga menginfokan. Ya dengan kegiatan ini saya bisa memperbanyak bekal saya sebelum mengikuti tes selain dari hasil belajar saya di sekolah dan bimbel setiap hari,” ucap siswa yang akrab disapa Bitah ini.

Menanggapi kegiatan hari ini, Bitah merasa Umsida memiliki fasilitas yang baik dan cukup lengkap. Selain itu, sata berkunjung ke Umsida, ia juga disambut baik oleh warga Umsida terutama saat menuju tempat kegiatan.

Lihat juga:  Apa Itu Program ICT? Mahasiswa Wajib Simak!

“Terima kasih kepada Umsida yang telah memfasilitasi kami. Hal tersebut sangat membantu kami dan mempermudah dalam mempersiapkan UTBK nanti,” tutupnya.

Penulis: Romadhona S.