Sabtu, 18 Mei 2024
Perguruan Tinggi

FPIP Umsida Kembangkan Diri Hingga Skala Internasional

FPIP Umsida Kembangkan Diri Hingga Skala Internasional

Umsida.ac.id– Fakultas Psikologi dan Ilmu Pendidikan (FPIP) Universitas Muhammadiyah Sidoarjo (Umsida) berkesempatan melakukan lawatan ke negeri jiran, Malaysia dan melakukan kerjasama bersama dengan Fakulti Pengajian Pendidikan Universiti Putra Malaysia (UPM) pada Selasa (30/04/2024).

Kerjasama FPIP Umsida Dengan UPM

Pada kegiatan tersebut, FPIP Umsida disambut langsung oleh Prof Madya Dr Noor Aniza binti Ahmad sebagai timbalan Dekan Ehwal Siswazah dan antar bangsa bersama dengan Dr Mohd Faiq bin Abd Aziz sebagai timbalan Dekan Ehwal Research, Innovation and Funding dan turut juga dihadiri oleh Universiti Malaya (UM) sebagai penghubung kerja sama.

Rangkaian kegiatan dimulai dengan presentasi selayang pandang dari Fakulti Pengajian Pendidikan UPM  yang dilanjutkan pada sharing session serta tindak lanjut untuk kesepahaman inisiasi kerjasama.

FPIP Umsida Kembangkan Diri Hingga Skala Internasional

Seluruh suasana kegiatan selalu diiringi ramah tamah dari semua hadirin. Kegiatan menjadi lebih berwarna karena serumpun melayu yang memang secara bahasa memiliki kesamaan, namun terdapat sedikit perbedaan yang tentu memberikan warna tersendiri dari setiap percakapan.

Kerjasama ini pun dipandang sebagai suatu langkah untuk internasionalisasi universitas yang meliputi banyak hal. Untuk dosen, kelebihan yan ditawarkan dari kerjasama tersebut meliputi peluang internasionalisasi pada join riset dan publikasi, dosen tamu, keynote speaker dalam kegiatan conference.

Baca juga: Lulusan Umsida Harus Bisa Mengikuti Perkembangan Teknologi

Sedangkan untuk mahasiswa meliputi kredit transfer, pertukaran mahasiswa serta banyak lagi kegiatan lainnya yang mendukung MBKM dengan sharing pembiayaan.

Dekan FPIP Umsida, Dr Septi Budi Sartika MPd menuturkan bahwa kerjasama kali ini memberikan peluang dan kecocokan yang sangat bagus, pasalnya akan semakin meningkatkan prospek FPIP untuk internasionalisasi pasca akreditasi institusi Umsida yang telah unggul dan dengan FPIP sendiri yang mana lebih dari 67% program studinya juga telah terakreditasi unggul.

FPIP Umsida Kembangkan Diri Hingga Skala Internasional

“Universiti Putra Malaysia dipertimbangkan sebagai kampus terbaik kedua di negeri Malaysia setelah Universiti Malaya, dengan 10 pengajian kurikulum pembelajaran program studi dimana secara keseluruhan dalam penjajakan kerjasama kali ini program-program studi yang ada di Universiti Putra Malaysia memiliki kesamaan dan membuka peluang kerjasama untuk improvement semua program studi yang ada di FPIP ”, Ungkap Dr Septi.

Baca juga: Mahasiswa Umsida Gali Ilmu Hingga Ke Negeri Jiran

Prof Madya Dr Noor Aniza binti Ahmad juga turut menyampaikan harapan baik dalam penjajakan kerjasama baru ini. Beliau juga menyampaikan kegembiraannya dalam menerima kerjasama yang nantinya akan memberikan value baru dalam keberlanjutan pengajian pendidikan baik di Universiti Putra Malaysia maupun Umsida.

 

Penulis : Septi Budi Sartika – Arya Bimantara

Editor: Rani Syahda