Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Kelas XA Juarai Lomba Cerdas Cermat Matematika Tingkat SMAN 3 Borong 2024

Sman3borong.sch.id- Setelah berhasil menggungguli lawan-lawannya dalam pertarungan internal kelompok pada babak penyisihan yang terjadi pada Jumat 8/03/2024, ketiga regu ini kembali beradu cekat dalam memecahkan persoalan-persoalan matematis di babak final lomba Cerdas Cermat Matematika (CCM) antar kelas tingkat SMAN 3 Borong, Sabtu, 9/03/2024.

Ketiga regu yang bertarung di babak final itu adalah Kelas XA, XB dan XII Iis. Dalam babak terakhir ini, ketiganya akan diadu dalam dua sesi, yakni sesi pertanyaan wajib dan pertanyaan rebutan. Khusus di babak final, pertanyaan rebutan mengalami penambahan jumlah, dari sebelumnya berjumlah 7 pertanyaan di babak penyisihan menjadi 10 pertanyaan di babak final. Sementara itu, untuk pertanyaan wajib tidak mengalami penambahan pun pengurangan. Jumlahnya tetap 5 pertanyaan sama seperti di babak penyisihan.

Jalannya babak final pun berlangsung seru. Kedigdayaan kelas XA sebagai calon juara mulai terlihat jelas di sesi pertanyaan wajib. Mereka berhasil menyapu bersih semua pertanyaan di sesi itu dengan bobot skor yang sangat mengesankan, yakni 500. Sementara itu, di sesi yang sama, kedua rivalnya dari kelas XB dan XII Iis hanya mampu mengumpulkan nilai masing-masing 280 untuk XB dan 200 untuk XII Iis.

Sementara itu, di sesi pertanyaan rebutan, dominasi kelas XA semakin tak terbandung. Betapa tidak, dari total 10 pertanyaan di sesi rebutan, mereka berhasil menjawab 6 soal dengan sempurna. Sehingga koleksi nilai akhir mereka semakin naik menjadi 1100 nilai. Sementara itu, kelas XB dan XII Iis hanya mampu mengumpulkan nilai akhir masing-masing 280 untuk kelas XB dan 100 untuk kelas XII Iis.

Dengan demikian, pemenang pertama untuk lomba Cerdas Cermat Matematika antar kelas tingkat SMAN 3 Borong berhasil diraih oleh kelas XA. Disusul kelas XB di posisi kedua dan kelas XII Iis di posisi ketiga.

Sampai jumpa di CCM 2025.