Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Atas

Menjelang Hari Pi Sedunia, SMAN 3 Borong Selenggarakan Lomba Cerdas Cermat Matematika Antar Kelas

Sman3borong.sch.id- Dalam memperingati hari Pi (π) Sedunia yang jatuh setiap tanggal 14 Maret, Civitas Akademika SMAN 3 Borong menggelar lomba Cerdas Cermat Matematika (CCM) antar kelas yang dimulai pada Jum’at 8/03 sampai dengan Sabtu 9/03/2024.

Selain bertujuan untuk memperbaiki persoalan numerasi,
kegiatan Cerdas Cermat Matematika ini juga memiliki tujuan sebagai sarana dan media untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dalam bidang numerasi.

Untuk diketahui, lomba Cerdas Cermat Matematika ini bukan cuma gelaran perdana di SMAN 3 Borong tetapi juga merupakan gelaran Cerdas Cermat Matematika perdana di kabupaten Manggarai Timur.

Sistem yang digunakan dalam kegiatan Cerdas Cermat Matematika ini terbilang cukup modern, karena soal-soalnya dibuat melalui aplikasi khusus. Belum lagi ada doorprize-nya. Untuk soal-soal yang tidak bisa dijawab dengan benar oleh peserta lomba, akan dilemparkan ke audiens (para siswa dan para guru). Bagi yang bisa menjawab benar akan diberikan hadiah berupa buku dan penggaris.

Terdapat 2 babak dalam Lomba yang disingkat CCM itu. Babak penyisihan dan babak final. Untuk babak penyisihan, peserta lomba dibagi ke dalam tiga kelompok yang masing-masing berisikan tiga regu.

Untuk kelompok satu yang terdiri dari kelas XB, XII Mia dan XI Iis, yang berhasil keluar sebagai pemenang adalah kelas XB. Sedangkan untuk kelompok dua yang terdiri dari XA, XC dan XI Mia, yang berhasil keluar sebagai pemenang adalah kelas XA. Sementara itu, jawara untuk kelompok tiga yang disisi oleh kelas XII Iis, XII IBB dan XI IBB adalah kelas XII Iis.

Ketiga regu ini akan kembali bersua di babak final yang akan terjadi pada Sabtu, 9/03/2024 untuk bertarung merebut posisi 1,2 dan 3.