Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

Guru Tamu Industri Mengajar di Kelas X TP (X-Machining Komatsu) SMK Perguruan “Cikini” Jakarta

www.smkperguruancikini.sch.id – SMK Perguruan “Cikini” Jakarta mengundang guru tamu industri untuk mengajar siswa kelas X TP (X-Machining Komatsu) pada Selasa, 19 September 2023. Adapun guru tamu pada pembelajaran tersebut adalah Bapak Yohanes Agung Trimanto dari PT Kawan Lama Sejahtera.

Acara yang digelar di Aula Technopark tersebut dipandu oleh MC Ibu Rizqiyati, M.Pd, yang kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari pimpinan SMK Perguruan “Cikini”.

Bapak Rifat, M.Pd selaku Kepala SMK Perguruan “Cikini” dalam sambutannya menyampaikan bahwa SMK Perguruan “Cikini” telah bekerja sama dengan PT. Komatsu Indonesia, yaitu kerjasama dalam hal pembentukan kelas industri.

Dalam pembelajaran kelas industri muatan kurikulum industri PT Komatsu Indonesia mulai diberlakukan pada kelas X yang berkaitan dengan budaya industri dan K3LH. Kemudian berlanjut pada kelas XI yakni muatan inti kurikulum industri, yang kemudian diharapkan lulusan SMK Perguruan “Cikini” dapat bersaing dan terserap di dunia industri yang relevan.

Sebagai inti program guru tamu ini, Yohanes Agung Trimanto menyampaikan materi terkait teknik pengukuran pada kompetensi dasar teknik pemesinan yang meliputi jangka sorong (caliper), micrometer screw, plug gauge, dial indicator, height gauge dan alat ukur lainnya.

(Asghor)