Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

MPLS di SMK Negeri 1 Sanggau

MPLS di SMK Negeri 1 Sanggau

www.smkn1sanggau.sch.id – MPLS (Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah) merupakan kegiatan yang wajib dilaksanakan dan diikuti oleh seluruh peserta didik baru di tiap awal tahun ajaran baru, sebagai langkah awal untuk memperkenalkan kondisi sekolah kepada peserta didik yang baru diterima hasil seleksi PPDB.

SMK Negeri 1 Sanggau melaksanakan kegiatan ini sesuai juknis dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Kalimantan Barat yaitu mulai hari Kamis hingga Sabtu, 13 – 15 Juli 2023, bertempat di Aula SMK Negeri 1 Sanggau.

Upacara Pembukaan kegiatan MPLS dilaksanakan di halaman SMK Negeri 1 Sanggau yang dipimpin oleh Kepala SMK Negeri 1 Sanggau, Amin Kusasi, S.Pd.Mat. sebagai Pembina Upacara. Dalam sambutannya Kepsek SMKN 1 Sanggau mengajak seluruh komponen, khususnya kepada peserta didik baru untuk mengikuti pembelajaran dengan penuh disiplin, sebagai salah satu ungkapan rasa syukur kepada Tuhan Yang Mahaesa karena telah diterima di SMKN 1 Sanggau serta untuk mencapai tingkat kesuksesan di masa mendatang.

MPLS diikuti oleh seluruh peserta didik baru sejumlah 315 orang yang terdiri dari 4 Kompetensi Keahlian, yaitu Akuntansi, Manajemen Perkantoran, Bisnis Digital dan Teknik Komputer & Jaringan. Penyampaian materi dilaksanakan di Aula SMK Negeri 1 Sanggau.

Pada kesempatan ini juga diperkenalkan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang dilaksanakan di SMKN 1 Sanggau, diantaranya dengan menampilkan Marching Band SMKN 1 Sanggau sebagai salah satu kegiatan ekstrakurikuler.

Selain memperkenalkan lingkungan sekolah, kurikulum yang digunakan, kegiatan ekstra, tata tertib sekolah serta cara belajar dengan nara sumber dari Wakasek dan guru, juga menghadirkan narasumber dari luar, diantaranya dari Polres Sanggau yang menyampaikan materi tentang disiplin berlalulintas, dari Koramil Kapuas dengan materi wawasan kebangsaan dan juga dari Komunitas Forum Anak Daerah Kabupaten Sanggau.