Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

SISWA SMP NEGERI 2 LAMONGAN RAIH PRESTASI FLS2N TINGKAT PROVINSI

LAMONGAN – Pandemi covid-19 tak menghalangi siswa SMP Negeri 2 Lamongan untuk berprestasi di ajang Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) jenjang SMP tingkat provinsi tahun 2020. Dalam even tersebut siswa SMP Negeri 2 Lamongan mengikuti cabang lomba Kreativitas Tari yang diberi nama Tari Dulinan Lamongan dan meraih peringkat tiga tingkat provinsi Jawa Timur (Minggu, 20/09/2020).

Meskipun seleksi lomba FLS2N dilaksanakan secara daring, siswa SMP Negeri 2 Lamongan tetap semangat untuk berkreasi dan mengirimkan video tampilan mereka. Tari dulinan dibawakan dengan apik oleh tim penari dari SMPN 2 Lamongan yaitu Amelia Iftakhul Laili, Reva Eka Meirizkiya, Nur Laili Oktavianti, Dzakirah Nafa Azhalia, dan Revalina Chelsea Veronica pada saat lomba bulan Agustus lalu.

Menurut Tri Kristiani, S.Sn., pembina tari SMP Negeri 2 Lamongan, dulinan berasal dari kata dulin yang artinya pergi untuk bermain, lalu mendapatkan akhiran –an. Kata dulinan memiliki makna menggambarkan anak-anak yang sedang bermain. Konten tari dulinan menggambarkan keceriaan anak-anak ketika bermain bersama. Berbagai macam permainan tradisional mereka lakukan sebagai ungkapan kegembiraan dan kebersamaan. Tari dulinan merupakan cerminan jiwa anak-anak menikmati kehidupannya dengan penuh suka cita.

Kepala SMP Negeri 2 Lamongan, Yayuk Setia Rahayu, S.Pd.,M.Pd. merasa bersyukur atas prestasi ini. “FLS2N merupakan ajang bergengsi. Kegiatan ini kami ikuti dalam rangka pengembangan bakat dan minat siswa-siswi SMP Negeri 2 Lamongan. Dengan mengikuti FLSN, mereka  tentu termotivasi untuk terus mengasah kreativitas dengan mengedepankan sikap sportivitas dalam pengembangan diri secara optimal” tutur Kepala Sekolah berprestasi ini.

Amelia Iftakhul Laili, anggota tim penari SMP Negeri 2 Lamongan menyatakan senang dapat mengikuti kegiatan ini. Dia berharap ajang kreativitas dan pengembangan bakat dan minat siswa ini terus difasilitasi oleh sekolah. “Alhamdulillah. Bangga rasanya bisa mengikuti even ini. Banyak hal positif yang saya dapatkan melalui kreativitas tari ini. Mohon doa dan dukungannya semoga siswa SMP Negeri 2 Lamongan berkesempatan maju ke tingkat nasional dan dapat mengharumkan nama sekolah,“ harapnya. [wafi]