Kamis, 01 Juni 2023
Sekolah Menengah Atas

Terus Belajar : Guru MAN 2 Sleman Mantapkan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Terus Belajar : Guru MAN 2 Sleman Mantapkan Persiapan Implementasi Kurikulum Merdeka

Sleman (MAN 2 Sleman)- Kembali adakan Bimbingan Teknis (Bimtek) pada Sabtu (20/05/2023), MAN 2 Sleman memantapkan untuk persiapan implementasi kurikulum merdeka pada tahun ajaran baru. Bimtek kali ini MAN 2 Sleman bekerja sama dengan Erlangga mengundang narasumber dari Widyaiswara BDK semarang, Rr Sri Sukarni Katamwatiningsih, M.Pd. 

H. Edi Triyanto, S.Ag. S.Pd., M. Pd. dalam sambutannya menyampaikan, “Sebagai pendidik kita harus senantiasa belajar, karena guru merupakan aktor pendidikan, perubahan kurikulum tidak akan berdampak ketika guru tidak mau berubah,  agar kita lebih memahami kurikulum merdeka maka bimtek ini dilaksanakan.”

Bimtek dilaksanakan selama kurang lebih 3 jam mulai pukul 13.30-16.00 WIB. Katamwati memaparkan materi terkait aturan kurikulum merdeka dalam KMA no 347 tahun 2022 tentang pedoman kurikulum merdeka. Selain itu beliau juga memaparkan perbedaan dengan kurikulum 2013, terutama dalam hal teknis projek P5 dan P2RA. 

Katamwati memaparkan, “Kelas X tidak ada penjurusan dan mapel rumpun IPA yang meliputi (fisika, biologi, kimia, matematika tingkat lanjut) maupun rumpun IPS (Sosiologi, geografi, sejarah, ekonomi) disampaikan tiap mapel namun dalam rapor menjadi gabungan IPA/IPS. Kelas X masuk dalam fase E. Berbeda dengan kelas XI dan XII yang masuk fase F, CP harus dibagi utk kelas XI dan XII. Selain itu untuk projek P5& P2RA bisa diambilkan dari jam mapel Pendidikan pancasila, seni budaya, dan b inggris krn tidk full jp pertahunnya.” 

Guru-guru sangat antusias mengikuti bimtek terlihat dari banyak pertanyaan yang muncul. Katamwati juga memaparkan dengan detail. Bimtek ditutup dengan membuat perencanaan implementasi bersama. (Latifah/Qoma)