Sabtu, 18 Mei 2024
Sekolah Menengah Pertama

Sejarah SMPN 1 Tasikmadu

sejarah berdirinya smpn1 tasikmadu

 

SMPN 1 Tasikmadu berdiri pada tahun 1964, tepatnya pada tanggal 1 Agustus.

pada awalnya sekolah ini bernama SMEP (Sekolah Menengah Ekonomi Pertama) Negeri Tasikmadu. Kemudian pada tahun 1979, tanggal 17 Februari berubah nma menjadi Sekolah Menengah Umum Pertama Negeri Tasikmadu.

SMPN 1 Tasikmadu berada di desa Buran kecamatan Tasikmadu kabupaten Karanganyar yang memiliki visi berakhlak mulia, unggul dalam prestasi, terampil dan peduli lingkungan.

Sekolah ini terdiri dari 24 ruangan belajar dan jumlah siswa 761, Guru di SMPN 1 Tasikmadu lengkap seluruh mata pelajaran dengan pendidikan minimal S1 dan sebagian S2, serta 6 PNS staff Tata Usaha di bidang tenaga kependidikan, keuangan, perpustakaan, aset serta kebersihan.

Sekolah ini berada di lingkungan Pabrik Gula Tasikmadu yang rawan terhadap polusi suara dan air oleh karena itu sebagai sekolah Adiwiyata tingkat provinsi sekolah ini berupaya mengelola lingkungan sekolah menjadi lingkungan yang ramah dan nyaman untuk belajar.

Sekolah ini juga memiliki prestasi akademik dan non akademik. Pada bidang akademik SMPN 1 Tasikmadu secara umum berada diperingkat 4 Kabupaten Karanganyar, sedangkan pada bidang non akademik SMPN 1 Tasikmadu memiliki ekstrakulikuler yang menghasilkan atlet atlet yang berprestasi sesuai dengan bakat dan minat, diantaranya ada Pramuka, PMR, Paskibraka, Silat, Karya Ilmiah, Futsal, Voli, Jurnalistik, Keagamaan dll.

Silat merupakan cabang olahraga yang unggul di SMPN 1 Tasikmadu, ditahun 2022 silat memperoleh kejuaraan tingkat provinsi, sedangkan pada event FLS2N yang diselenggarakan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Karanganyar meraih piala juara 1 Desain Poster Digital tingkat Kabupaten Karanganyar jenjang SMP.