Senin, 20 Mei 2024
Pondok Pesantren

Tingkatkan Intensitas Belajar Jelang Ujian, PMDG Berlakukan Belajar Malam Keliling

Tingkatkan Intensitas Belajar Jelang Ujian, PMDG Berlakukan Belajar Malam Keliling

DARUSSALAM- Tinggal hitungan hari menuju tibanya masa ujian di Pondok Modern Darussalam Gontor(PMDG). Satu per satu pula kegiatan non-akademik telah dinon-aktifkan, demi memusatkan fokus para santri pada ujian yang akan segera mereka hadapi.

Selain itu, Upaya lainnya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas belajar santri adalah dengan memberlakukan belajar malam keliling. Para santri yang biasanya belajar di ruang-ruang kelas kini merasakan suasana yang berbeda dengan belajar di luar kelas atau sekitar lingkungan pondok.

Bapak guru KMI menghadiri pembukaan belajar malam keliling di depan BPPM.

Belajar malam keliling dimulai sejak hari Sabtu(19/8), dengan dibuka secara resmi langsung oleh Pimpinan PMDG dan Direktur KMI. Pembukaan belajar malam keliling dihadiri oleh seluruh bapak guru KMI di depan gedung Balai Pertemuan Pondok Modern(BPPM).

“Ada istilah Psikologi masal, yang artinya masyarakat akan ikut jika ada yg memulai. Maka dari itu mari kita mulai membuat suasana kondusif untuk belajar, agar nanti semuanya terdorong dan termotivasi untuk belajar setelah melihat teman-temannya yang lain belajar.” ucap K.H. Akrim Mariyat di depan seluruh bapak guru.

Pimpinan PMDG, K.H. Akrim Mariyat, Dipl. A. Ed. memberikan nasehat di hadapan seluruh bapak guru.

Direktur KMI, K.H. Masyhudi Subari, M.A. kemudian lanjut menjelaskan secara sistematis kepada para bapak guru tentang bagaimana berjalannya kegiatan belajar malam keliling. Ada beberapa aturan dan ketentuan yang harus diikuti, sehingga kegiatan belajar malam keliling bukan sekedar keliling-keliling saja. Nantinya para bapak guru akan disebar ke zona-zona yang telah disediakan untuk mengawasi dan membimbing proses belajar malam para santri sehingga menjadi lebih efektif.

Adanya belajar malam keliling diharap dapat membantu belajar para santri. Mereka yang sebelumnya masih kurang serius ketika belajar menjadi merasa diawasi, sehingga tidak melakukan hal-hal yang mengganggu kegiatan belajar. Suasana belajar juga lebih terasa dengan dibuatnya lingkungan belajar yang mendukung. Lampu-lampu diletakkan di sudut-sudut gedung, zona-zona pelajaran disebar di tempat-tempat strategis untuk memudahkan para santri bertanya.

Selain itu, belajar malam keliling juga menanamkan kedisiplinan baik untuk para santri maupun bapak guru. Pasalnya, para santri hanya diizinkan belajar di tempat-tempat yang sudah dibatasi, dan tidak diperbolehkan melewati batas teritorial yang sudah ditentukan.

Suasana belajar malam keliling di PMDG.

Adapun para bapak guru juga diwajibkan hadir setiap malamnya, kecuali beberapa yang berhalangan hadir karena uzur tertentu. Sebab membimbing dan mengawasi para santri adalah tugas penting yang diamanahkan oleh para orang tua yang menitipkan anak-anak mereka ke dalam pondok.

Mudah-mudahan, di hari-hari yang tersisa para santri dapat mempersiapkan diri mereka sebaik mungkin dalam belajar agar dapat menghadapi ujian dengan persiapan yang matang. Semoga Allah permudah para mujahid-mujahid penuntut ilmu dalam setiap ujian dan urusan-urusannya. Allahumma Amin.

Staf Hubungan Masyarakat PMDG

Related Articles:

Ciptakan Miliu Belajar yang Efektif dengan Belajar Malam Keliling

Perkuat Pengawalan, Panitia Gelar Pembukaan Keliling Belajar Malam

Pembukaan Belajar Malam Akhir Tahun