Minggu, 12 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PURI LAKSANAKAN KEGIATAN P5 DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

PESERTA DIDIK KELAS X SMAN 1 PURI LAKSANAKAN KEGIATAN P5 DENGAN TEMA GAYA HIDUP BERKELANJUTAN

Kamis (21/09/2023) peserta didik kelas X melaksanakan pameran karya P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila). P5 merupakan pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya.

Tema yang dipilih pada kegiatan P5 kelas X adalah Gaya Hidup Sehat. Tema Gaya Hidup Berkelanjutan, dipilih dengan harapan peserta didik mampu memahami dampak dari aktivitas manusia. Baik jangka pendek maupun panjang, terhadap kelangsungan kehidupan di dunia maupun lingkungan di sekitarnya.Selama 3 minggu peserta didik kelas X SMAN 1 Puri mempersiapkan proyek P5, dengan tema Gaya Hidup Berkelanjutan.

Rangkaian kegiatan selama 3 minggu meliputi, pembuatan tong kompos, menghias tong kompos, pembuatan kompos, membuat poster sesuai dengan tema, membuat video kampanye sesuai dengan tema poster, membuat kerajinan dari sampah anorganik dan melaksanakan pameran P5 .

P5 dilaksanakan dari tanggal 5 September – 22 September 2023. Kegiatan pertama, peserta didik fokus pada pembuatan tong kompos, menghias tong kompos dan membuat kompos. Setelah kegiatan pembuatan kompos selesai, dilanjutkan pada kegiatan kedua yakni pembuatan poster.

Kegiatan pembuatan poster siswa kembali dibagi dalam kelompok. Setiap kelompok akan membuat poster sesuai dengan tema yang disepakati. Tema-tema yang dipilih tentunya berkaitan dengan lingkungan. Tidak hanya berhenti sampai pada pembuatan poster. Anak-anak juga melakukan kampanye sesuai dengan poster yang telah dibuat. Kampanye tersebut diabadikan dalam sebuah video kreatif.

Kegiatan ketiga peserta didik diajak untuk membuat sebuah kerajinan tangan. Kerajinan tangan yang dibuat dari bahan sampah anorganik. Hasil kerajinan tangan yang dibuat, selanjutnya akan dipamerkan pada kegiatan pameran karya P5.Kegiatan keempat sekaligus penutup yakni dilaksanakannya pameran karya P5 dari kelas X. Hasil karya peserta didik sangat beragam. Mulai dari tas dari anyaman kresek, cermin dengan hiasan dari garpu, vas dari botol bekas dan masih banyak.

Ibu Herni Sudar Peristiwanti selaku Kepala SMAN 1 Puri mengungkapkan bahwa melalui kegiatan P5 siswa dapat mengasah kreatifitas tanpa batas. Namun, dengan tetap menjaga kelangsungan hidup lingkungan sekitarnya.