Minggu, 28 April 2024
Sekolah Menengah Atas

WARGA SMAN 1 PURI ANTUSIAS LAKUKAN DONOR DARAH

WARGA SMAN 1 PURI ANTUSIAS LAKUKAN DONOR DARAH

Selasa (14/11/2023) SMAN 1 Puri Mojokerto bersama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Mojokerto menyelenggarakan kegiatan donor darah. Kegiatan donor darah bertempat di UKS SMAN 1 Puri. Tak hanya bapak/ibu guru, siswa-siswi juga menunjukkan antusias yang tinggi untuk mengikuti kegiatan donor darah. Meskipun bukan kegiatan wajib tetapi siswa-siswi sampai rela mengantri demi mendonorkan darahnya.

Dalam proses donor darah diperlukan beberapa syarat yang harus dipenuhi. Sebelum melakukan donor darah, pendonor akan melakukan check up terlebih dahulu yang dibantu oleh anggota PMI. Check up yang dilakukan meliputi tes golongan darah, cek gula darah, cek berat badan dan cek tensi darah. Jika pada proses check up terdapat persyaratan belum terpenuhi maka pendonor tidak diperbolehkan mendonorkan darahnya.

Program kerjasama antara SMAN 1 Puri dengan PMI Kabupaten Mojokerto dalam kegiatan donor darah diharapkan dapat memberikan motivasi kepada warga sekolah agar senantiasa membantu sesama. Tak hanya itu, donor darah juga memiliki manfaat pada tubuh seperti melancarkan peredaran darah dan menurunkan kolesterol.