Senin, 20 Mei 2024
Sekolah Menengah Kejuruan

PROGRAM SMK PK TEKNIK PENGELASAN KE JEPANG

PROGRAM SMK PK TEKNIK PENGELASAN YANG DI SALURKAN KE JEPANG
SMK Negeri 5 Tangerang Selatan bekerja sama dengan perusahaan (JIAEC) Jepang merupakan perusahaan yang bergerak di bidang Sumber Daya Manusia sebagai penyelenggara program pemagangan ke Jepang. Jepang menandatangani perjanjian kerja sama program pelatihan Bahasa dan Budaya Jepang Disnaker Kota Depok. Biaya untuk kesana sekitar 25 juta Rupiah yang di biayai KUR BNI.

SMK Negeri 5 Kota Tangerang Selatan menyaluran beberapa anak teknik pengelasan melalui program ini dengan uji psikotes, hanya beberapa anak yang uji tersebut yang bisa disalurkan ke Jepang. PT (JIAEC) sendiri didirikan pada tahun 1971 berdasarkan ijin departemen Luar Negeri Jepang No.13 dan ijin Departemen Tenaga Kerja dan Kesejahteraan Umum Jepang No.30. mereka yang berhasil lolos akan menjalani pelatihan selama empat bulan sebelum diberangkatkan. Kemudian, mengikuti program pemagangan di Jepang selama tiga bulan.

Syarat masuk ke PT JIAEC sendiri lulusan SMK industri dan Tujuan Program Pemagangan pada PT JIAEC yaitu sebagai berikut : Mendapatkan keahlian tentang kemajuan teknologi industri di Jepang, mendapatkan pemahaman penguasaan atas keterampilan, disiplin, perilaku dan sikap kerja positif bangsa Jepang, memperoleh bekal untuk mempersiapkan masa depan setelah kembali ke Tanah air.
Dan ini merupakan salah satu pelajar SMK Negeri 5 Tangerang Selatan yang akan disalurkan ke Jepang.