Sabtu, 04 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

MAN 1 GRESIK AWALI HARI EFEKTIF SETELAH CUTI BERSAMA DENGAN SELENGGARAKAN HILAL BI HALAL

MAN 1 GRESIK AWALI HARI EFEKTIF SETELAH CUTI BERSAMA DENGAN SELENGGARAKAN HILAL BI HALAL

MAN 1 GRESIK AWALI HARI EFEKTIF SETELAH CUTI BERSAMA DENGAN SELENGGARAKAN HILAL BI HALAL

Mengawali hari pertama masuk setelah cuti bersama, MAN 1 Gresik selenggarakan halal bi halal. Kegiatan halal bi halal di MAN 1 Gresik diselenggarakan dalam dua sesi selama dua hari. Di hari pertama atau tepatnya pada hari Rabu, 17 April 2024, MAN 1 Gresik mengundang seluruh guru, pegawai, dan purnawirawan keluarga besar MAN 1 Gresik.

Dalam kesempatan tersebut guru dan pegawai juga mengajak beberapa keluarganya untuk turut serta hadir dalam kegiatan tersebut. Kegiatan halal bi halal di hari pertama dimulai pukul 09.30 WIB. Setelah pembukaan dan dilanjutkan dengan Qiraatil Qur’an, kegiatan dilanjutkan dengan sambutan dari mantan kepala MAN 1 Gresik. Kesempatan pertama diberikan kepada mantan kepala MAN 1 Gresik periode 2010—2014 yakni Bapak Drs. H. Abdul Jalil, M.Pd.I. Dalam kesempatan tersebut beliau mewakili mantan kepala madrasah menyampaikan permohonan maaf atas segala salah dan khilaf selama memimpin MAN 1 Gresik, karena sebagai manusia tentu ada hal-hal yang tidak disengaja menyakiti hati guru dan pegawai. Beliau menambahkan dengan bahasa guyonan, bahwa seorang kepala madrasah tidak afdhol kalau belum afdhol kalau belum dirasani. Bahkan di Sidoarjo beliau membuat ruangan khusus yang disebut ruang rasan-rasan. Pernyataan itupun diiringi dengan gelak tawa dari para guru dan pegawai yang hadir di Aula Ulul Albab MAN 1 Gresik.

Dalam kesempatan tersebut, mantan kepala yang hadir juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan sambutan. Salah satu mantan kepala MAN 1 Gresik yang sudah lama purnatugas, Bapak Drs. H. Imam Taufiqurrahman, M.Pd.I menyatakan bahwa kegiatan halal bi halal ini merupakan acara yang ditunggu-tunggu. Karena setiap guru maupun pegawai yang pernah berdinas di MAN 1 Gresik pasti merindukan untuk bersua kembali dengan rekan kerja yang telah lama berpisah. Beliau pun meminta agar kegiatan pada pagi tersebut juga diisi dengan tahlil dan doa bersama untuk guru dan pegawai yang telah meninggal.

Kegiatan pun ditutup dengan doa bersama yang dipimpin oleh Drs. K.H. Mansur Muhtarom, M.Pd.I. beliau mengajak seluruh tamu yang hadir untuk membacakan tahlil kepada mantan kepala madrasah yang telah meninggal. Kemudian para purnawirawan guru yang lebih dulu dipanggil Allah SWT.

Selesai doa bersama, keluarga besar MAN 1 Gresik disajikan hiburan dari penampilan band yang personilnya dari guru dan pegawai aktif. Mereka menyajikan 4 lagu penutup. Sambil mendengarkan lagu, guru dan pegawai berbaris rapi melingkar dan saling bersalaman secara bergantian. Selesai bersalaman kegiatan ditutup dengan foto bersama dan ramah tamah di area kantin. Kegiatan halal bi halal di hari pertama berakhir pada pukul 12.00 WIB.

Hari kedua halal bi halal di MAN 1 Gresik berlangsung di halaman madrasah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Kamis, 18 April 2024. Kegiatan dimulai pukul 07.00 WIB. Seluruh guru, pegawai dan siswa berkumpul di halaman madrasah setelah dilaksanakannya salat dluha dan istighoutsah. Dalam halal bi halal yang diikuti seluruh warga madrasah kepala MAN 1 Gresik Drs. H. Muhari, M.Pd.I menyampaikan minal aidin wal faizin kepada seluruh warga madrasah terutama siswa. Terkadang ada bapak/ibu guru tidak sengaja menyakiti perasaan siswa selama kegiatan pembelajaran, namun sejatinya hal itu hanya semata-mata untuk pembangunan karakter siswa agar ke depan menjadi lebih baik.

Tidak hanya kepala madrasah yang mendapatkan kesempatan untuk menyampaikan permohonan maaf, siswa MAN 1 Gresik juga diberikan kesempatan untuk menyampaikan permohonan maafnya di hapadan seluruh siswa dan guru. Farel Mustaf Kiemal diberikan kehormatan mewakili siswa dalam kesempatan tersebut. Di hadapan siswa MAN 1 Gresik, Farel menyampaikan permohonan maaf kepada seluruh guru dan pegawai. Sebagai siswa tentu banyak kesalahan yang dilakukan, banyak hal-hal yang tidak sesuai dengan arahan guru.

Setelah sambutan perwakilan dari siswa MAN 1 Gresik, kegiatan dilanjutkan dengan bersalaman antara guru dan siswa. Guru dan pegawai berbaris satu saf memanjang di depan gedung RKB. Kemudian siswa MAN 1 Gresik menyalami satu per satu guru dan pegawai untuk menyampaikan permohonan maaf.