Minggu, 05 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Wujudkan Kampus Moderat, Prodi TBI Gelar Kuliah Umum Penguatan Wawasan Moderasi Beragama bagi Mahasiswa

Wujudkan Kampus Moderat, Prodi TBI Gelar Kuliah Umum Penguatan Wawasan Moderasi Beragama bagi Mahasiswa

UINSGD.AC.ID (Kampus II) — Upaya mewujudkan kampus yang unggul, kompetitif dan moderat, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia (TBI) Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK) UIN Sunan Gunung Djati Bandung menggelar Kuliah Umum Penguatan Wawasan Moderasi Beragama bagi Mahasiswa di Aula FTK, Senin (22/4/2024).

Dengan menghadirkan narasumber Dr. Heri Gunawan, S.Pd.I., M.Ag, Fasilitator Penguatan Wawasan Moderasi Beragama Kementerian Agama yang dibuka oleh Wakil Dekan I, Dr. Irawan,S.Pd., M.Hum.

Dalam sambutannya, Wakil Dekan I menjelaskan Program Moderasi Beragama merupakan Indikator Kinerja Utama (IKU) Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, “yang diwujudkan dalam bentuk mata kuliah keagamaan, dengan demikian harus muncul dalam RPS dengan intstrumen evaluasi yang jelas,” tegasnya.

Dalam pemaparannya Dr. Heri Gunawan, S.Pd.I.,M.Ag. menjelaskan moderasi beragama menjadi instrumen penting dalam menjaga keragaman agama budaya dan bahkan menjaga keutuhan NKRI.

Menurutnya, moderasi beragama hadir bukan hanya karena merespon munculnya sikap radikalisme, ekstrimisme dan intoleransi, tetapi juga menjadi inti ajaran agama yang telah diajarkan dalam agama islam dan di contohkan oleh Nabi, para sahabat dan juga para ulama.

“Para wali songo telah mencontohkan bagaimana dakwah moderat dengan tidak menghilangkan tradisi yang telah ada,” jelasnya.

Ketua Prodi TBI, Dr. Hj. Yeti Heryati, M.Pd., menuturkan kegiatan kuliah umum ini diharapkan dapat memberikan bekal mahasiswa untuk lebih memahami konsep moderasi beragama dengan baik sesuai dengan nilai-nilai ajaran Islam sesungguhnya.