Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Tingkatkan Kolaborasi dan Kreativitas antar Mahasiswa, Asrama UM Gelar GEMA 2024

Tingkatkan Kolaborasi dan Kreativitas antar Mahasiswa, Asrama UM Gelar GEMA 2024
image_pdf

Asrama Universitas Negeri Malang (UM) gelar pembukaan Gebyar Asrama (GEMA) 2024 pada Kamis (09/05) di Halaman Asrama Lili, UM. Kegiatan ini dihadiri oleh Direktur Sarana dan Prasarana aset Prof. Dr. Sunaryono, S. Pd., M. Pd, Kepala Seksi Pengelolaan Asrama Agus Hartono, S. Pd, perwakilan mahasiswa asrama internasional dan seluruh warga asrama kampus induk. Tema yang diusung dari kegiatan GEMA 2024 ini adalah “Gemilang Kriya Budaya Nusantara”. Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan rutin Pengurus Rumah Tangga (PRT) Asrama UM dengan tujuan sebagai wadah peningkatan kolaborasi dan kreativitas warga asrama.  

Dalam sambutannya, Ketua Pelaksana GEMA 2024, Maulana Arfa menyampaikan harapannya pada kegiatan ini. “Semoga dengan adanya kegiatan GEMA 2024 ini dapat memacu semangat warga asrama UM untuk selalu kreatif menciptakan karya-karya inovatif dengan ciri khas budaya masing-masing”, ujar Arfa. Sejalan dengan harapan ketua pelaksana, Adam Gunawan selaku ketua asrama juga menyatakan bahwa selain sebagai wadah kreativitas dan kolaborasi, serangkaian kegiatan GEMA 2024  yang terdiri dari AFEST dan pengabdian masyarakat ini juga sebagai bentuk pengimplementasian dari Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Selain kita ingin mewadahi kreativitas warga asrama melalui AFEST 2024, kita sebagai mahasiswa juga ingin mengimplementasikan tri dharma perguruan tinggi. Adapun tri dharma perguruan tinggi itu adalah pendidikan dan pengajaran, penelitian serta pengabdian masyarakat. Pengabdian masyarakat ini menjadi serangkaian kegiatan GEMA setelah AFEST yang akan dilaksanakan pada bulan Juni mendatang. Di acara ASFEST ini pun kami juga melibatkan kegiatan donor darah dengan menyediakan 50 kuota donor sebagai bentuk kepedulian kita sesama manusia” papar Adam. 

Dalam sesi wawancara, Adam menjelaskan bahwa GEMA 2024 ini memiliki 2 rangkaian acara besar yaitu Asrama Festival (AFEST) dan pengabdian masyarakat. AFEST merupakan ajang kompetisi dan pentas seni yang digelar pada 9-11 Mei. Pembukaan GEMA yang diselenggarakan pada hari ini, (09/05) merupakan bagian dari pentas seni AFEST dengan menampilkan Tari Gandrung dan Tari Reog oleh sanggar tari yang dikelola oleh Kabinet Aswata Candra. Usai pembukaan, dilanjutkan dengan lomba Asrama Berbudaya, Mission A, Estafet Sarung dan Ular tangga yang diselenggarakan pada 10-11 Mei. Puncak AFEST ini adalah penampilan Teater Asrama (TERAS) dan Asrama Awarding pada malam Minggu (11/05) mendatang. 

Adapun menurut Adam pengabdian masyarakat yang juga merupakan bagian dari GEMA 2024 akan dilaksanakan pada 3-5 Juni mendatang. “Nanti pengabdian masyarakat akan kita laksanakan selama 3 hari 2 malam di Desa Karangsari, Kecamatan Bantur, Kabupaten Malang dan untuk pesertanya adalah warga asrama yang telah lolos seleksi” tutur Adam. 

Pembukaan GEMA 2024 turut dimeriahkan oleh penampilan Band Opus dan Simple di akhir rangkaian acara. Antusiasme warga Asrama dan internal UM sangat tinggi, terutama saat munculnya maskot UM, Cakra. Terlebih, saat donor darah, para warga asrama dengan antusias mengantri dan melakukan medical check up di halaman Asrama Lili.

Pewarta : Inayah Amalia Taufani – Internship Humas UM

Editor: Muhammad Salmanudin Hafizh Shobirin – Humas UM