Senin, 20 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Dua Dosen Psikologi UAD Terpilih dalam Daftar 100 Ilmuwan Sosial Terbaik di Indonesia 2024

Dua Dosen Psikologi UAD Terpilih dalam Daftar 100 Ilmuwan Sosial Terbaik di Indonesia 2024

Dosen Psikologi UAD yang masuk dalam daftar 100 Ilmuwan Sosial Terbaik di Indonesia 2024 (Dok. Istimewa)

Dr. Fatwa Tentama, S.Psi., M.Si. dan Triantoro Safaria, S.Psi., M.Si., Ph.D. yang merupakan dua intelektual aktif dari Fakultas Psikologi Universitas Ahmad Dahlan (UAD), berhasil meraih prestasi cemerlang. Keduanya masuk dalam daftar World Top 100 Social Sciences Scientists di Indonesia untuk tahun 2024 oleh AD Scientific Index (Indeks Ilmiah AD) tahun 2024. Pengumuman ini disampaikan melalui situs web resmi AD Scientific Index.

Dr. Fatwa Tentama, selain menjabat sebagai Wakil Dekan Sumber Daya Manusia, Keuangan, Kehartabendaan, dan Administrasi Fakultas Psikologi UAD, juga memiliki prestasi gemilang dalam penelitian. Ia baru saja meraih paten ke-10 dari Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual (Ditjen KI).

Sementara itu, Triantoro Safaria merupakan psikolog yang berpengalaman, juga aktif dalam dunia penelitian. Tulisannya yang berfokus pada Psikologi Klinis telah banyak dikutip dalam jurnal-jurnal berindeks nasional maupun internasional.

The AD Scientific Index (Alper-Doger Scientific Index) sendiri merupakan sistem peringkat dan analisis berdasarkan kinerja ilmiah dan nilai tambah dari produktivitas ilmiah para ilmuwan. Selain itu, situs web ini memberikan peringkat institusi berdasarkan karakteristik ilmiah dari ilmuwan yang berafiliasi di dalamnya. Dalam situs ini, pembaca dapat melihat daftar nama-nama peneliti atau ilmuwan beserta dengan rankingnya, baik di seluruh dunia secara umum atau spesifik di setiap negara.

Dalam 100 ilmuwan teratas ini diperingkatkan secara spesifik untuk seluruh ilmuwan atau peneliti nasional di seluruh Indonesia. Sistem penilaian dalam World Top 100 Scientist didapat berdasarkan total nilai dari h-indeks google scholar.

Dalam wawancara terakhir, Dr. Fatwa Tentama menegaskan pentingnya kontribusi ilmiah yang dapat memberikan manfaat bagi masyarakat dan dunia akademis. Sementara itu, Triantoro Safaria menyatakan rasa syukurnya atas pencapaian ini dan berharap dapat menjadi motivasi bagi para dosen lainnya.

uad.ac.id