Selasa, 18 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

Kunjungan Program “Student International Leadership and Cultural Immersion” di SMAN 1 Batu, Kerjasama Indonesia-Malaysia untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

Kunjungan Program “Student International Leadership and Cultural Immersion” di SMAN 1 Batu, Kerjasama Indonesia-Malaysia untuk Peningkatan Kualitas Pendidikan

Batu, 27 Mei 2024 – SMAN 1 Batu, Jawa Timur, menjadi tuan rumah program “Student International Leadership and Cultural Immersion” yang berlangsung dari tanggal 23 hingga 27 Mei 2024. Program ini merupakan inisiatif kolaboratif antara Indonesia dan Malaysia, bertujuan untuk meningkatkan keterampilan siswa serta memperdalam pembelajaran dan pemahaman budaya antarnegara.

Selama lima hari, siswa dari Malaysia berpartisipasi dalam berbagai kegiatan yang dirancang untuk mengembangkan kemampuan kepemimpinan, kerjasama, dan pemahaman lintas budaya. Kepala Sekolah SMAN 1 Batu, Ritul Idha Djarwati., S.Pd., M.Pd menyampaikan bahwa program ini memberikan kesempatan berharga bagi siswa untuk belajar dan bertukar pengalaman. “Kami sangat bangga dapat menjadi tuan rumah untuk program ini. Melalui kegiatan ini, siswa tidak hanya belajar tentang pembelajaran bagaimana menghargai keberagaman budaya. Ini adalah pengalaman yang sangat berharga yang akan membentuk mereka di masa depan yang lebih baik,” ujarnya.

Delegasi dari Malaysia yang terdiri dari siswa yaitu Muhammad Danial, Muhammad Adam Harris, dan Nur Areefah Sofea “Ini adalah kesempatan emas bagi siswa kami untuk belajar langsung dari rekan-rekan SMAN 1 Batu Jawa Timur di Indonesia. Selain itu, mereka juga bisa merasakan langsung keindahan dan keragaman budaya Indonesia, khususnya di Batu, Jawa Timur,”.

Program “Student International Leadership and Cultural Immersion” ini diharapkan dapat menjadi model bagi program serupa di masa depan, memperkuat hubungan antar sekolah di tingkat internasional dan mendorong pertukaran budaya yang lebih luas. Selain itu, program ini juga diharapkan dapat menginspirasi siswa untuk terus mengejar pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemimpin yang efektif dan berwawasan luas di masa depan.

Program ini telah meninggalkan kesan mendalam bagi semua peserta dan menjadi tonggak penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan serta memperkuat hubungan antarbangsa di kawasan Asia Tenggara.