Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Penerimaan Mahasiswa Baru UAD Jalur PMDK

Penerimaan Mahasiswa Baru UAD Jalur PMDK

Gedung Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) (Dok. Humas dan Protokol UAD)

Penelusuran Minat dan Kemampuan (PMDK) merupakan jalur seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menggunakan nilai akademik serta prestasi bidang seni, sains, olahraga atau organisasi.

Jalur  PMDK dapat digunakan untuk mendaftar semua program studi/jurusan pada jenjang Sarjana (S1) dan Diploma 4, kecuali program studi Farmasi, Psikologi dan Kedokteran. PMDK memiliki beberapa jalur seleksi, antara lain:

1. PMDK Rapor

PMDK Rapor adalah penelusuran minat dan kemampuan berdasar nilai rapor semester 2, 3, 4 (kelas X semester 2, kelas XI semester 1 dan 2). Rata rata nilai pengetahuan 75 untuk program studi tertentu pada dua mata pelajaran yang ditawarkan (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan jurusan SMA/ MA/ SMK).

2. PMDK Prestasi          

PMDK Prestasi adalah penelusuran minat dan kemampuan berdasarkan prestasi pada bidang seni, sains, olahraga atau organisasi (pengurus organisasi intra atau ekstra sekolah). Jalur ini memerlukan sertifikat kejuaraan bidang seni/sains/olahraga yang diraih saat SMTA atau surat keterangan pengurus organisasi dan rata- rata nilai rapor pada semester 2, 3, 4 dengan rata-rata nilai pengetahuan  70 untuk dua mata pelajaran yang ditawarkan (Matematika, Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, dan satu mata pelajaran pilihan jurusan SMA/ MA/ SMK).

3. PMDK UTBK

PMDK UTBK adalah penelusuran minat dan kemampuan berdasar nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer. (Lid)

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Ahmad Dahlan Tahun 2024 selengkapnya di https://pmb.uad.ac.id/

uad.ac.id