Senin, 01 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Penerimaan Mahasiswa Baru UAD Jalur Seleksi Kedokteran

Penerimaan Mahasiswa Baru UAD Jalur Seleksi Kedokteran

Gedung Kampus 3 Universitas Ahmad Dahlan (Dok. Humas dan Protokol UAD)

Seleksi Kedokteran yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang dikhususkan untuk program studi/jurusan Kedokteran. Seleksi Kedokteran meliputi beberapa jalur, antara lain sebagai berikut.

1. Jalur Bebas Tes

Jalur Bebas Tes terdiri atas beberapa sub-jalur, meliputi:

  • PSB Rapor Kedokteran, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru khusus Program Studi (Prodi)/Jurusan Kedokteran dengan menggunakan seleksi nilai akademik dan atau prestasi kejuaraan yang didapatkan pada tingkat SMA. Nilai mata pelajaran yang digunakan adalah Matematika, Kimia, Biologi, Bahasa Inggris, dengan jumlah minimal nilai rata-rata mata pelajaran 80.
  • PSB UTBK Kedokteran, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru khusus Prodi/Jurusan Kedokteran dengan menggunakan seleksi nilai UTBK yang terdapat pada sertifikat UTBK tahun 2023 dan 2024, tidak ada minimal nilai UTBK yang harus dipersyaratkan.
  • PSB Hafiz Al-Qur’an Kedokteran, yaitu seleksi penerimaan mahasiswa baru khusus Prodi/Jurusan Kedokteran dengan menggunakan Sertifikat Hafiz Al-Qur’an 30 Juz.

2. Jalur Tes

Jalur Tes Seleksi Kedokteran yaitu jalur seleksi penerimaan mahasiswa dengan seleksi tes/ujian dengan menggunakan komputer atau laptop sebagai lembar jawab dan soal. Pelaksanaan ujian bertempat di Kampus IV UAD dengan jadwal ujian yang dapat dipilih sendiri oleh pendaftar sesuai dengan jadwal yang disediakan. Setiap pendaftar hanya memiliki 1 kali kesempatan untuk ujian Computer Based Test (CBT). Hasil ujian dapat dilihat langsung setelah peserta selesai mengerjakan soal-soal.

Setelah melewati tahapan-tahapan di setiap tes, kemudian akan dilakukan pemeriksaan kesehatan meliputi cek tidak buta warna, bebas narkoba, sehat jasmani, sehat jiwa, untuk pendaftar yang lolos ke tahap wawancara. (Lid)

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Ahmad Dahlan Tahun 2024 selengkapnya di https://pmb.uad.ac.id/

uad.ac.id