Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

RJI Peringati Hari Lahir ke-8 ULM, Teken MoU Dorong Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah

RJI Peringati Hari Lahir ke-8 ULM, Teken MoU Dorong Peningkatan Kualitas Jurnal Ilmiah

Banjarmasin – Pada tanggal 22 Juni 2024, Relawan Jurnal Indonesia (RJI) memperingati hari lahirnya di Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin, Kalimantan Selatan (Kalsel). Acara tersebut berlangsung di General Building ULM dan menjadi momen penting bagi RJI. Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus RJI dan ratusan anggota dari berbagai wilayah di Indonesia. Pada acara ini RJI juga melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan ULM. MoU ini menandai komitmen bersama untuk pengelolaan jurnal ilmiah.

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan, dan Umum, Dr. Ir. Arief Rahmad Maulana Akbar, M.Si., IPU, menyatakan bahwa MoU ini merupakan bentuk dukungan ULM terhadap Relawan Jurnal Indonesia. ULM memiliki visi dan misi untuk meningkatkan kualitas jurnal, dan kerjasama dengan RJI menjadi sarana untuk mencapai tujuan tersebut. Wakil Rektor menegaskan bahwa pihak ULM akan memanfaatkan fasilitas yang telah disediakan oleh RJI secara maksimal. Fokus utamanya adalah meningkatkan status jurnal-jurnal di Kalimantan Selatan. Meskipun tantangannya beragam, ULM berkomitmen untuk terus meningkatkan reputasi jurnal.

Ketua Umum RJI, Arbain, menyoroti peran RJI dalam mendampingi pengelola jurnal. Meskipun jumlah jurnal di Indonesia sudah banyak, tugas berat lainnya adalah meningkatkan kualitasnya. RJI tidak hanya berkompetisi di tingkat nasional, tetapi juga berambisi bersaing di kancah internasional. Arbain menegaskan bahwa RJI adalah organisasi non-profit yang membantu seluruh pengelola jurnal di Indonesia. Dia mengajak semua pengelola jurnal, terutama di Kalsel dan seluruh Indonesia, untuk bergabung dengan RJI dan saling belajar.