Rabu, 03 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Ular Tangga Numerasi, Media Pembelajaran Menarik dari Mahasiswa UAD

Ular Tangga Numerasi, Media Pembelajaran Menarik dari Mahasiswa UAD

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Ciptakan Media Pembelajaran Ular Tangga Numerasi (Dok. Istimewa)

Mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) yang mengikuti program Kampus Mengajar 7 melaksanakan kegiatan pembelajaran numerasi menggunakan media pembelajaran ular tangga numerasi. Kegiatan ini dikuti oleh siswa siswi kelas 4 SD Muhammadiyah Gendol 1, Sleman, Yogyakarta.

“Pembelajaran numerasi di sekolah sangat penting untuk meningkatkan kemampuan berhitung siswa, sehingga siswa perlu fokus terhadap materi yang disampaikan. Maka dari itu, media pembelajaran merupakan salah satu cara terbaik untuk meningkatkan fokus siswa terhadap materi yang kita sampaikan,” kata mahasiswa Kampus Mengajar UAD.

Ular tangga numerasi merupakan media pembelajaran yang digunakan mahasiswa UAD untuk mengajar di dalam kelas. Dengan menyediakan soal-soal numerasi yang bervariasi, siswa dapat bermain sambil belajar guna meningkatkan kemampuan numerasi mereka. Layaknya permainan ular tangga pada umumnya, hanya saja pada setiap kotak di papan permainan terdapat soal numerasi yang harus diselesaikan ketika bidak menginjak salah satu kotak.

“Selama pembelajaran, seluruh siswa di kelas sangat antusias. Mereka terlihat jelas penuh semangat ketika mengerjakan soal yang terdapat di dalam permainan ular tangga,” ucapnya.

Kegiatan ular tangga numerasi ini berhasil meningkatkan pemahaman siswa dengan materi yang akan disampaikan. Siswa tak segan bertanya cara untuk menyelesaikan soal yang terdapat pada kotak yang diinjak oleh bidak sehingga mereka dapat langsung mempraktikkan penjelasan yang sudah diberikan oleh mahasiswa Kampus Mengajar UAD.

Dengan ini, harapannya guru dapat menggunakan media pembelajaran yang lebih interaktif dan menarik untuk meningkatkan fokus dan keahlian siswa dalam pembelajaran numerasi. (doc)

uad.ac.id