Kamis, 04 Juli 2024
Perguruan Tinggi

Tim PPK Ormawa IMM Farmasi UAD Siap Mengabdi di Purwosari

Tim PPK Ormawa IMM Farmasi UAD Siap Mengabdi di Purwosari

Penerjunan Tim PPK Ormawa IMM Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) di Purwosari, Girimulyo, Kulon Progo (Dok. Istimewa)

Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Farmasi Universitas Ahmad Dahlan (UAD) berhasil mendapatkan pendanaan dari salah satu program Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) yaitu Program Penguatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) pada tahun 2024. Tema program yang diusung adalah “Optimalisasi Sumber Daya Kesehatan Melalui Healthy Garden Center dalam Mewujudkan Kalurahan Sehat Purwosari”. Kegiatan tersebut secara resmi dimulai pada Selasa, 19 Juni 2024, yang ditandai dengan penerjunan tim PPK Ormawa IMM Farmasi UAD bertempat di Balai Desa Purwosari, Kecamatan Girimulyo, Kabupaten Kulon Progo.

PPK Ormawa merupakan sebuah program yang berfokus pada pengabdian dan pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh organisasi kemahasiswaan yang bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dalam organisasi tersebut. Program ini melibatkan kegiatan pembelajaran di masyarakat serta implementasi langsung dalam melakukan pengabdian dan pemberdayaan kepada masyarakat.

Penerjunan tim PPK Ormawa dihadiri oleh beberapa pihak, yaitu pihak Kalurahan Purwosari yang dihadiri oleh Kepala Lurah desa Purwosari Sri Murtini, A.Md. beserta jajarannya, Kepala Dukuh se-Kalurahan Purwosari, Kader Posyandu Balita dan Lansia Kalurahan Purwosari, perwakilan Karang Taruna, perwakilan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK), dan Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Bhabinkamtibmas).

Dari pihak UAD, dihadiri oleh apt. Ginanjar Zukhruf Saputri, M.Sc. selaku dosen pendamping PPK Ormawa IMM Farmasi, mentor tim pelaksana, dan Ketua Ormawa IMM Farmasi. Selain itu, kegiatan ini juga dihadiri oleh perwakilan mitra-mitra yang bekerja sama dengan tim pelaksana yaitu Pimpinan Cabang Nasyiatul ‘Aisyiyah Girimulyo, dan Promkes Puskesmas Girimulyo 2.

Tim PPK Ormawa IMM Farmasi terdiri atas mahasiswa Program Studi Farmasi, Biologi, dan Gizi, dengan jumlah 15 mahasiswa yang diketuai oleh Hafiz Adhitama Hepni dari Program Studi Farmasi, dan 1 dosen pendamping yaitu apt. Ginanjar Zukhruf Saputri, M.Sc. dari Program Studi Farmasi.

Dalam kegiatan penerjunan tersebut dilakukan serah terima tim PPK Ormawa IMM Farmasi ke pihak desa. Penyerahan dilakukan secara simbolis melalui penandatangan berita acara oleh apt. Ginanjar Zukhruf Saputri, Sri Murtini, dan Mila Abusri selaku Ketua Ormawa IMM Farmasi UAD.

Sri Murtini menyampaikan rasa syukur dan terima kasih kepada tim PPK Ormawa yang telah mempercayakan Kalurahan Purwosari sebagai tempat untuk melaksanakan program-program mereka. Ia menyebutkan bahwa dengan adanya kegiatan ini, semoga kita semua dapat bekerja sama agar dapat menyukseskan program-program yang akan tim PPK Ormawa laksanakan, sehingga dapat mengoptimalkan potensi yang ada di Kalurahan Purwosari, serta menjadikan kawasan tersebut sebagai desa yang sehat dan lebih dikenal di kancah nasional.

Sementara itu, Parsudi selaku salah satu dari kepala dukuh di Kalurahan Purwosari, berharap kegiatan ini dapat bermanfaat bagi masyarakat terutama dalam mengoptimalkan potensi di Kalurahan Purwosari. Selain itu, program-program yang dibawa tim PPK Ormawa ini dapat membawa Kalurahan Purwosari menjadi lebih maju. Ia juga berharap program ini tetap berjalan walaupun tim pelaksana telah selesai melaksanakan program dari PPK Ormawa. (doc)

uad.ac.id