Sabtu, 27 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MTSN KOTA CIMAHI GELAR WORKSHOP KURIKULUM MERDEKA

Kepala Kemenag Kota Cimahi membuka kegiatan  workshop Kurikulum Merdeka MTsN Kota Cimahi.

Dalam rangka mempersipakan diri menghadapi tahun pelajaran 2022/2023, MTsN Kota Cimahi pada hari Selasa s.d. Kamis tanggal 12 s.d 14 Juli 2022 bertempat di Hotel Gumilang Regency Lembang Bandung menggelar kegiatan Workshop Kurikulum Merdeka yang mulai dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) dengan mengusung tema “Integrasi Kurikulum Merdeka dengan Moderasi Beragama”

Kegiatan Workshop yang merupakan salah satu program kerja MTsN Kota Cimahi tahun pelajaran  2022-2023, diikuti oleh 54 guru MTsN Kota Cimahi.

Kegiatan workshop dibuka oleh Kepala Kementerian Agama Kota Cimahi H. Dudu Rohman, S.Ag., M.Si. Dalam sambautannya Beliau berharap bahwa dengan adanya Workshop Kurikulum Merdeka ini guru dituntut memiliki sikap integritas, inovatif, dan creative dalam rangka mmebangun potensi peserta didik untuk mengimbangi perkembangan Tehnologi Informasi dan Komunikasi yang semakin pesat dan tidak dapat dipungkiri.

“Selain itu sebagai guru ditutntut untuk memiliki insprasi untuk merespon proses pembelajaran yang semakin dinamis, sudah saatnya guru melakukan perubahan cara mengajar konvensional yang disesuaikan dengan perkembangan zaman. Demikian lanjutnya.

Sementara itu Kepala MTsN Kota Cimahi Dra. Hj. Eulis Nurhasanah , M.Pd.  menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan  untuk meningkatkan kompetensi guru dalam mengasah minat dan bakat anak sejak dini dengan berfokus pada materi esensial, pengembangan karakter, dan kompetensi peserta didik. “Adapun pelaksanaan Kurikulum Merdeka di MTsN Kota Cimahi  masih menunggu arahan dari pimpinan” demikian tandasnya.

Dasar dari pelaksanaan Workshop ini terdiri dari Undang-undang, Peraturan Pemerintah, Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Ristek serta hasil keputusan rapat tim MTsN Kota Cimahi.

Narasumber yang dihadirkan adalah dari lembaga-lembaga sebagai berikut:

  1. Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Jawa Barat dengan materi Kebijakan Kurikulum Merdeka;
  2. Balai Besar Peningkatan Mutu Pendidikan(BBPMP) Jawa Barat dengan materi Platform Merdeka Mengajar;
  3. Fakultas Pendidikan UPI Bandung / Wakil Dekan 1 dengan materi Pembelajaran Berdeferensiasi;
  4. Koordinator Pengawas Pembina Sekolah Penggerak Dinas Pendidikan Kota Cimahi, dengan materi Penilaian pada Kurikulum Merdeka;
  5. Pengawas MTsN Kota Cimahi dengan materi Prosedur penyusunan Visi & Misi Madrasah; dan
  6. Kepala MTsN Kota Cimahi dengan materi Moderasi Beragama.

Kegitan workshop ditutup oleh Kepala Seksi Pendidikan Madrasah H. Ending Sarifudin, M. Ag Dalam sambutannya beliau menyampaikan pentingnya perubahan kurikulum yang diseuaikan dengan perkembagan zaman dengan melakukan transformasi proses pembelajaran, sehingga diharapkan madrasah memiliki daya saing yang semakin kompetitif. “Perubahan kurikulum 2013 menjadi kurikulum merdeka adalah sebuah keniscayaan yang harus dilaksnakan oleh seluruh seluruh guru karena suka atau tidak ASN sepenuh hidupnya tergadaikan kepada negara sebagai abdi negara’. Demikian lanjutnya.

Peningkatan kualitas pendidk di MTsN Kota Cimahi menjadi sebuah keniscayaan yang harus terus diupayakan seiring dengan perkembangan zaman yang tidak mungkin dapat diungkiri dengan harapan MTsN sebagai sebuah lembaga pendidikan dengan segala kehasannya dapat  memberikan pelayanan terbaik sebagai bentuk akuntabilitas terhadap umat.`

Kontributor : Tim Kemuhmasan MTsN Kota Cimahi