Senin, 29 April 2024
Sekolah Menengah Pertama

MASA TA’ARUF SISWA MADRASAH (MATSAMA) MTsN KOTA CIMAHI

Seluruh civitas MTsN Kota Cimahi melakukan photo bersama usia upacara pembukaan MATSAMA MTsN Kota Cimahi
Tahun pelajaran 2022/2023

Mulai Senin, 18 Juli 2022, seluruh siswa baru MTsN Kota Cimahi mengikuti kegiatan Masa Taa’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) yang akan berlangsung sampai Rabu, 20 Juli 2022. Kegiatan MATSAMA diselenggarakan berdasarkan Surat Keputusan Direktorat Jendral Pendidikan Islam No. B-1419/DJ.I.I/HM.01/06/2022 tanggal 13 Juni 2022 tentang Pelaksanaan Masa Taaruf Siswa Madrasah (MATSAMA). Kegiatan MATSAMA di MTsN Kota Cimahi saat ini lebih diarahkan kepada kegitan-kegiatan yang bersifat edukatif dan inspiratif, serta berorientasi ke arah penguatan kreatifitas dan inovasi siswa/siswi baru Madrasah. Sehingga dalam pelaksnaannya kegiatan MATSAMA harus mampu memberikan pengalaman-penglaman yang menyenangkan kepada seluruh siswa baru.

Berdasarkan hasil pemantaun Tim Kehumasan MTsN Kota Cimahi, kegiatan MATSAMA di MTsN Kota Cimahi berjalan dengan penuh keceriaan. Amin, S. Pd sebagai Ketua penyelenggara kegiatan MATSAMA tahun 2022 menuturkan bahwa kegiatan MATSAMA diselnggarakan dalam rangka mengenalkan kepada siswa-siswa baru MTsN Kota Cimahi mengenai lingkungan, nilai dan karakter madrasah. “Semua itu penting dikenalkan agar pada saat pembelajaran tercipta rasa aman dan  nyaman bagi pengembangan seluruh potensi diri dan kemampaun mereka’. Demikian lanjutnya.

Dalam rangka menunjang kegiatan MATSAMA, Panita menghadirkan beberapa narasumber dari internal madrasah dan dari berbagai instansi terkait diantaranya dari Kantor Kemenag Kota Cimahi, Kepolisan, Puskesmas, BRI, serta para stackholder lainnya.

Kegiatan MATSAMA di sesi akhir ditutup dengan penampilan kegiatan berbagai jenis  ekstrakurikuler yang ada di MTsN Kota Cimahi. Nampak siswa sangat antusias menyaksikan penampilan Ekstrakurikuler yang sangat memukau yang menjadi perhatian para siswa baru. Kegiatan sesi akhir dari MATSAMA yaitu penampilan kegiatan Ekstrakurikuler yang diliput secara langsung melalui akun Facebook MTsN Kota Cimahi.

Kepala MTsN Kota Cimahi, Dra. Hj. Eulis Nurhasanah, M. Pd. Dalam sambutan penutupan kegiatan MATSAMA Tahun 2022 menuturkan bahwa tujuan dari MATSAMA ini adalah memperkenalkan lingkungan, nilai dan karakter Madrasah kepada siswa baru agar selama proses pembelajaran tercipta rasa aman dan nyaman bagi seluruh potensi diri dan kemampuan para siswa, menumbuhkan kultur dan jiwa bangga terhadap madrasah juga  dapat memahami, mencintai dan menjaga nama baik almamaternya. Selain itu, tujuan diadakan MATSAMA selain untuk saling mengenal antar siswa juga menanamkan dan memperkuat nilai-nilai moderasi beragama dan  karakter keindonesiaan bagi para siswa baru.” Demikian pungkasnya

Kegiatan MATSAMA sejatinya dapat memberikan gambaran akan segala potensi yang dimiliki Madrasah, sehingga para siswa baru mampu beradaptasi dengan lingkungan baru dengan satu kesadaran bahwa Madrasah merupakan salah satu tempat yang paling aman untuk berkembangnnya segenap potensi siswa bukan lagi tempat perundungan. Semoga. (WH)

Kontributor : TIM HUMAS MTsN KOTA CIMAHI