Rabu, 26 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Spektakuler! UT Menjadi Tuan Rumah NUDC 2024, Ajang Prestasi Ratusan Talenta Se-Indonesia

Spektakuler! UT Menjadi Tuan Rumah NUDC 2024, Ajang Prestasi Ratusan Talenta Se-Indonesia

Dalam konsep Kampus Merdeka, pendidikan tinggi pada dasarnya tidak hanya menyediakan tenaga kerja, tapi juga menciptakan calon intelektual yang mampu berpikir jernih, kritis dan mendasar untuk pengembangan berbagai bidang ilmu. Selain itu, dalam konteks Kampus Merdeka, pendidikan tinggi juga dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan yang mendukung mahasiswanya untuk: Berpikir Jernih, Berpikir Kritis, Berpikir Mendasar, Berkontribusi pada Pengembangan Ilmu Pengetahuan, Memahami Konteks Sosial dan Budaya, Menjadi Pemimpin dan Pemikir Masyarakat dan Pendidikan Sepanjang Hayat. 

Perguruan Tinggi sudah seyogyanya memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat. Mahasiswa mendapat amanah untuk selalu mengembangkan potensi dirinya. Kemerdekaan belajar mahasiswa menjadi inti dari pengembangan kualitas perguruan tinggi. Mahasiswa yang merdeka dalam belajar diharapkan mampu menyumbangkan keahlian mereka dan dapat berkontribusi secara nyata bagi masyarakat. Kegiatan kemahasiswaan berperan besar dalam mewujudkan kampus merdeka. Pembinaan kegiatan mahasiswa dengan demikian dapat diarahkan pada berkembangnya potensi mahasiswa agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia, berilmu, cakap, kreatif, terampil, kompeten dan berbudaya. Salah satu usaha pembinaan tersebut adalah melalui kompetisi debat, yang telah dirumuskan dalam National University Debating Championship (NUDC). 

NUDC tahun 2024 mempertemukan 112 tim terbaik dari seluruh Perguruan Tinggi baik negeri maupun  swasta se-Indonesia. Dengan menggunakan format debat parlemen, NUDC menuntut para mahasiswa tidak hanya mampu mengungkapkan ide dalam bahasa Inggris, tetapi juga mampu menguasai pengetahuan global, menganalisis, membuat judgement, dan meyakinkan publik. Dalam debat, mahasiswa akan dihadapkan pada persoalan-persoalan nyata yang dialami suatu masyarakat atau bangsa. Mahasiswa harus mampu berposisi dan meyakinkan publik bahwa posisi mereka benar dan tepat. Oleh karena itu, debat merupakan media yang tepat dalam melatih kemampuan negosiasi dan argumentasi mahasiswa dalam skala internasional. Institusi pendidikan di Indonesia sudah selayaknya melaksanakan kompetisi debat antar mahasiswa dalam rangka internalisasi semangat kompetisi positif yang bermuatan tuntutan kemampuan komunikasi dan argumentasi. 

Tahun ini merupakan tahun yang gemilang bagi Universitas Terbuka (UT). Ini dikarenakan pada tahun 2024 ini, UT diberikan amanah sebagai host penyelenggara kegiatan NUDC 2024 yang penyelenggaraannya dilaksanakan secara luring pada 26 Mei 2024 – 2 Juni 2024 di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC). Diamanahkannya UT menjadi host NUDC 2024 ini memiliki makna dan arti yang penting bagi UT. Plt Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) UT sekaligus Ketua Panitia NUDC 2024, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. menyampaikan, “Penyelenggaraan NUDC tahun ini istimewa, menjadi tahun gemilang bagi UT karena ditunjuk sebagai penyelenggara kegiatan NUDC 2024 yang dilaksanakan secara luring pada 26 Mei 2024-1 Juni 2024 di UTCC,” ujarnya. Kegiatan lomba debat bahasa inggris NUDC  menjadi wahana aktualisasi unjuk prestasi para mahasiswa dari berbagai Perguruan Tinggi se-Indonesia  untuk menunjukkan kemampuan terbaiknya dalam berpikir kritis, mengembangkan karakter,  kecerdasan, keterampilan, pengendalian emosional, disiplin, sportivitas, demokrasi, persatuan dan kesatuan, serta bertanggungjawab dalam melaksanakan semua kegiatan. Hal ini sejalan dengan fungsi pendidikan nasional untuk mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, serta mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat jasmani, berilmu, cakap kreatif, mandiri, dan demokratis. 

Perhelatan pembukaan NUDC 2024 dilaksanakan pada Senin, 27 Mei 2024 dan diselenggarakan secara Luring di Universitas Terbuka Convention Center (UTCC), Kantor Pusat Univesitas Terbuka, Tangerang Selatan. Acara pembukaan NUDC 2024 dimulai dengan Pembukaan oleh MC, yaitu Muhammad Bijaksabara Hikmawan,S.IP. Dan Ayubi Cakradiwati, S.Hum., M.Ed. dan dilanjutkan dengan Tarian Ratoh Jaroe yang dipersembahkan oleh SMA Dharma Karya UT. Setelahnya dilanjutkan oleh pemaparan laporan oleh Ketua Panitia NUDC 2024, Rahmat Budiman, S.S., M.Hum., Ph.D. yang juga selaku Plt. Dekan Fakultas Hukum, Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FHISIP) UT. Dalam laporannya, beliau menyampaikan rasa bangganya karena UT pada tahun ini diberikan amanah menjadi host penyelenggara NUDC 2024. Selain itu, beliau menyampaikan NUDC 2024 ini mengusung tema, “Merdeka Berprestasi Talenta Debat Menginsipirasi”. 

Dan memperkenalkan Maskot NUDC 2024 yang bernama GUTSY yaitu singkatan dari Garuda Universitas Terbuka Shaping You. Garuda melambangkan rasa kebangsaan. Garuda menggambarkan kebajikan, pengetahuan, kekuatan, keberanian, kesetiaan, dan disiplin. Beliau juga berharap semoga mahasiswa agar dapat menjunjung nilai-nilai tersebut.  

Setelah pemaparan laporan kegiatan, kemudian dilanjutkan dengan sambutan yang disampaikan oleh Ketua Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Dr. Maria Veronica Irene Herdjiono, M.Si. Dalam sambutannya beliau mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada UT, Para Perguruan Tinggi, para mahasiswa, dan seluruh pihak terkait yang sudah mendukung keberlangsungan NUDC. Dalam sambutannya, beliau menuturkan, “Di era abad 21 ini, kita harus selalu menajamkan skill yang sangat dibutuhkan saat ini seperti critical thinking, effective communication, public speaking, writing, dan research. Skill-skill tersebut bisa kita asah dengan mengikuti NUDC ini,” ujarnya. Beliau berharap dengan NUDC ini mahasiswa dapat mengembangkan dirinya, berkolaborasi, dan yang terpenting adalah dapat berjejaring dengan para mahasiswa lain dari seluruh Indonesia yang tentunya ini akan membuka peluang di masa depan. 

Acara selanjutnya adalah sambutan yang disampaikan oleh Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Ditjen Dikti, Prof. Dr. Ir. Sri Suning Kusumawardani, S.T., M.T. yang sambutannya disampaikan secara daring. Dalam sambutannya serupa dengan sambutan dari yang sebelumnya, beliau juga memberikan selamat dan mengapresiasi setinggi-tingginya kepada mahasiswa yang sudah sampai dengan tahap ini. Selain itu, beliau juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada UT dan seluruh jajarannya atas dukungan dan kerja samanya sehingga NUDC dapat terlaksana pada hari ini. Beliau berpesan bahwa melalui NUDC ini mahasiswa dapat melatih kemampuannya dan dapat berkompetisi secara sehat. “Apa pun hasilnya nanti, kalian semua adalah pemenang, karena kalian adalah talenta tangguh yang sudah siap berkompetisi di sini.” ujarnya.