Kamis, 04 Juli 2024
Perguruan Tinggi

KKN UAD Sosialisasikan Pembuatan Samilla Green

KKN UAD Sosialisasikan Pembuatan Samilla Green

Sosialisasi dan pelatihan pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah oleh KKN Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Unit III.C.1 (Dok. Istimewa)

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) Alternatif Periode ke-91 Unit III.C.1 Universitas Ahmad Dahlan (UAD) mengadakan kegiatan sosialisasi dan pelatihan pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah atau samilla green kepada warga RW 01 Pakuncen, Wirobrajan, Yogyakarta.

Samila green merupakan sabun cuci cair dengan bahan dasar used cooking oil atau minyak jelantah, yang diinisiasi oleh Pusat Studi Anak Bocah Pintar setelah melihat limbah minyak jelantah yang semakin banyak. Tujuannya dalam upaya untuk membangun kesadaran masyarakat terkait pentingnya merawat dan menjaga lingkungan sekitar, agar tidak tercemar oleh limbah minyak.

Tujuan kegiatan tersebut untuk meningkatkan kesadaran warga agar lebih peduli terhadap lingkungan dengan memanfaatkan minyak jelantah yang sudah tidak layak dikonsumsi. Acara berlangsung pada Jumat, 16 Juni 2024, di Balai Pertemuan RT 03 Pakuncen, Wirobrajan, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta.

Sosialisasi dihadiri oleh kelompok ibu-ibu PKK dan masyarakat RW 01 Pakuncen. Acara dimulai dengan pemaparan materi dan pelatihan pembuatan samilla green oleh mahasiswa KKN UAD Unit III.C.1. Program ini menjadi salah satu alternatif pengelolaan sampah domestik yang saat ini sedang dihadapi oleh masyarakat Yogyakarta yang kesulitan membuang sampah di TPA.

Chusna, salah satu mahasiswa KKN, dalam sambutannya menyampaikan tujuan diadakan sosialisasi dan pelatihan pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah. “Kegiatan ini kami selenggarakan dengan tujuan untuk membangun kesadaran bagi masyarakat agar tidak menggunakan kembali minyak jelantah yang sudah tidak layak dikonsumsi, salah satunya dengan cara mengolah kembali minyak jelantah sabun cuci yang bermanfaat.”

Harapannya, dengan diadakannya sosialisasi dan pelatihan pembuatan sabun cuci dari minyak jelantah ini dapat membangun kesadaran dan pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mengelola limbah minyak menjadi lebih bernilai dan bermanfaat serta menjaga lingkungan sekitar. (doc)

uad.ac.id