Jumat, 05 Juli 2024
Perguruan Tinggi

UAD Berikan Berbagai Beasiswa Bagi Mahasiswa Baru

UAD Berikan Berbagai Beasiswa Bagi Mahasiswa Baru

Jembatan Gedung Utama dan Gedung Laboratorium Kampus 4 Universitas Ahmad Dahlan (Dok. Humas dan Protokol UAD)

Universitas Ahmad Dahlan (UAD) menawarkan berbagai jalur penerimaan mahasiswa baru, salah satunya adalah jalur beasiswa. Jalur Beasiswa merupakan seleksi penerimaan mahasiswa baru UAD dengan seleksi menggunakan nilai akademik dan prestasi kejuaraan atau hafalan Al Qur’an. Bagi pendaftar yang dinyatakan lulus dan diterima pada jalur ini akan mendapatkan beasiswa berupa gratis biaya kuliah atau potongan biaya kuliah selama 8 semester.

Program studi/jurusan dan kuota beasiswa terbatas, pendaftar hanya bisa memilih program studi/jurusan sesuai dengan yang ditawarkan. Terdapat beberapa jalur seleksi beasiswa yang ada di UAD, diantaranya:

1. Beasiswa Beasiswa Program Misi (BPM) UAD

Beasiswa ini merupakan jalur seleksi beasiswa masuk UAD dengan seleksi menggunakan nilai akademik dan prestasi kejuaraan. Beasiswa yang diberikan berupa gratis biaya kuliah sampai semester 8, pendaftar yang dinyatakan diterima hanya dikenakan pembayaran biaya registrasi dan biaya formulir pendaftaran (dibayarkan setelah dinyatakan diterima).

2. Beasiswa KIP Kuliah

Beasiswa ini merupakan jalur seleksi beasiswa masuk UAD untuk lulusan SMA/SMK atau sederajat dengan prestasi akademik dan non-akademik yang tinggi, namun memiliki keterbatasan secara ekonomi untuk melanjutkan pendidikan tinggi. Beasiswa yang diberikan berupa gratis biaya pendaftaran, biaya kuliah sampai semester 8 dan mendapatkan bantuan biaya hidup yang bersumber dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.

3. Beasiswa Prestasi Mahasiswa Baru

Beasiswa ini merupakan jalur penerimaan mahasiswa baru dengan seleksi menggunakan nilai akademik dan prestasi kejuaraan bidang seni, sains, dan olahraga. Beasiswa yang diberikan adalah berupa potongan biaya selama studi.

4. Beasiswa Dokter

Beasiswa ini merupakan program bantuan biaya pendidikan yang diberikan UAD kepada mahasiswa baru Kedokteran yang berasal dari Panti Asuhan Muhammadiyah/’Aisyiyah, Pondok Pesantren Muhammadiyah/’Aisyiyah yang memiliki kemampuan akademik tinggi dan motivasi berprestasi tetapi kurang mampu secara ekonomi.

5. Beasiswa Talenta Unggul

Beasiswa ini merupakan bantuan biaya pendidikan yang diberikan UAD kepada mahasiswa baru berupa gratis biaya kuliah selama 8 semester. Mahasiswa yang mendapatkan Beasiswa Talenta Unggul hanya membayar biaya registrasi setiap semester dan membayar formulir pendaftaran setelah dinyatakan diterima.

6. Beasiswa Prodigium Fisika

Beasiswa merupakan program bantuan biaya Pendidikan yang diberikan PT. AMK (PT. Adi Multi Kalibrasi) UAD kepada mahasiswa baru Fisika yang berasal dari keluarga miskin yang memiliki kemampuan akademik tinggi dan motivasi berprestasi tetapi kurang mampu secara ekonomi. (Lid)

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Ahmad Dahlan Tahun 2024 selengkapnya di https://pmb.uad.ac.id/

uad.ac.id