Sabtu, 29 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

KOMUNITAS BELAJAR “PATBHE” – “OUTING CLASS

KOMUNITAS BELAJAR “PATBHE” – “OUTING CLASS

Komunitas Belajar Patbhe kembali menyelenggarakan kegiatan sharing dan belajar bersama di hari Selasa, 11 Juni 2024, kali ini dengan tema Outing Class. Kegiatan ini dipandu oleh bapak Ade Tegar Saputra, M.Pd sebagai moderator dengan tiga orang nara sumber, yaitu bapak Edy Suyadi, S.Pd, ibu Suhartinah, S.Pd dan bapak Arief Fitriadi, M.Pd. Kegiatan Komunitas Belajar kali ini semua aktivitasnya dilaksanakan di luar ruangan dengan para peserta dan panitia berpakaian olahraga.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Kepala Sekolah SMA Negeri 4 Yogyakarta, bapak Jaka Tumuruna, M.Pd yang dilanjutkan dengan kegiatan senam Maju Mundur dan Maumere yang dilaksanakan di lapangan Karangwaru dan dipandu oleh nara sumber pertama, bapak Arief Fitriadi, M.Pd.

              

             

Kegiatan pembelajaran di sekolah pada umumnya dilaksanakan di dalam ruangan (indoor), seperti di dalam ruang kelas, laboratorium, atau perpustakaan. Namun demikian, peserta didik akan mengalami kejenuhan jika semua kegiatan pembelajaran dilaksanakan seperti itu, maka diperlukan kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di luar ruangan (outing class).

Metode pengajaran outing class dapat memberikan manfaat, baik kepada peserta didik maupun guru, di antaranya menambah pengetahuan dan kecintaan peserta didik dan guru terhadap lingkungan sekitar, mengurangi kejenuhan dalam proses belajar mengajar, merangsang kreativitas, serta meningkatkan motivasi di dalam pembelajaran.

Kegiatan outing class dilanjutkan dengan pemberian permainan (games) yang menuntut koordinasi dan kerja sama dari semua peserta kegiatan. Kali ini permainan yang dilaksanakan terbagi tiga macam, yaitu permainan “Estafet Bola yang masih dipandu oleh bapak Arief Fitriadi, M.Pd, kemudian permainan Problem Solving yang dipandu oleh bapak Edy Suyadi, S.Pd dan terakhir, permainan “Memindahkan Botol yang dipandu oleh ibu Suhartina, S.Pd.

               

Kegiatan outing class ini pun diakhiri dengan acara pemberian hadiah kepada beberapa kelompok telah yang berhasil memenangkan tantangan demi tantangan dari permainan-permainan tadi.

                   

Diharapkan dengan kegiatan outing class ini, maka para peserta kegiatan yang terdiri dari guru beserta karyawan SMA Negeri 4 bisa lebih bersemangat di dalam bekerja serta juga lebih termotivasi di dalam kegiatan belajar mengajar sehingga bisa lebih meningkatkan prestasi para peserta didik kedepannya (pry2024).