Sabtu, 29 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

Komunitas Belajar “PATBHE” – “Praktik Baik: Assesmen”

Komunitas Belajar “PATBHE” – “Praktik Baik: Assesmen”

Komunitas Patbhe kembali menyelenggarakan sharing dan belajar bersama dengan tema Praktik Baik: Assesmen yang telah dilaksanakan pada hari Jumat, 17 Mei 2024 dari pukul 12.45 sampai dengan 15.00 WIB. Kegiatan ini dipandu oleh ibu Ruswita Tamara Putry, M.Pd sebagai moderator dan ibu Dra. Jeanne Ambarningrum sebagai narasumber pertama dan bapak Ade Tegar, M.Pd sebagai narasumber kedua.

Kegiatan ini diawali dengan sambutan dari Waka Kurikulum, ibu Na’im Uswatun Khasanah, M.Pd, dan Pengawas SMA Negeri 4 Yogyakarta, bapak Drs. Aris Priyanto, M.Or.

Assesmen, sebagai mana yang sudah diketahui adalah salah satu bagian penting di dalam proses pembelajaran. Assesmen sendiri bisa didefinisikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengetahui kebutuhan belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik, yang hasilnya kemudian digunakan sebagai bahan refleksi serta landasan untuk meningkatkan mutu pembelajaran.

 

Sesuai dengan diterapkannya Kurikulum Merdeka Belajar, maka sudah sewajarnya bagi guru untuk mampu membuat soal-soal assesmen berkualitas yang berbentuk numerasi dan literasi, menyesuaikan dengan perkembangan pendidikan di jaman yang makin maju ini.

Numerasi adalah kemampuan dasar yang sangat penting dalam kehidupan sehari-hari dimana soal numerasi adalah soal yang merujuk pada kemampuan seseorang untuk memahami, menggunakan, dan memanipulasi angka. Ibu Ambar, sebagai narasumber pertama menyampaikan materi tentang soal-soal berbentuk numerasi yang mana bisa diaplikasikan di mata pelajaran selain Matematika, seperti Biologi, Kimia, Bahasa Indonesia, dan lain-lain.

Selanjutnya pemateri kedua, bapak Ade Tegar, M.Pd menyampaikan materi tentang soal-soal berbentuk literasi, dimana soal-soal seperti ini merujuk pada kemampuan seseorang untuk membaca, menulis, dan memahami teks tertulis. Soal-soal seperti ini sudah lama diaplikasikan di beberapa mata pelajaran, seperti Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. Dalam kesempatan kali ini, soal literasi juga diaplikasikan di mata pelajaran lainnya, seperti Fisika, Sejarah, Ekonomi, dan lain sebagainya.

          

Untuk membuat kegiatan komunitas belajar ini makin menarik dan juga membuat bapak ibu guru peserta kegiatan ini makin memahami materi ini, maka para peserta diminta untuk membuat soal-soal berbentuk numerasi dan literasi, masing-masing berjumlah 5 soal yang mana hasilnya bisa di upload melalui link Google Form yang sudah disediakan oleh panitia.

Dengan terselenggaranya kegiatan ini, diharapkan agar setiap guru mampu untuk membuat soal-soal assesmen yang berkualitas demi mendukung daya belajar, perkembangan, dan pencapaian hasil belajar peserta didik SMA Negeri 4 Yogyakarta.

Kontributor : Priyadi Nugroho