Rabu, 26 Juni 2024
Sekolah Menengah Atas

Pelaksanaan Upacara Hari Pancasila di SMA Negeri 1 Pare

Pelaksanaan Upacara Hari Pancasila di SMA Negeri 1 Pare

Hari Pancasila yang diperingati setiap tanggal 1 Juni merupakan momentum penting bagi bangsa Indonesia. Di tanggal ini, seluruh rakyat Indonesia mengenang Lahirnya Pancasila sebagai dasar negara dan ideologi bangsa. Di SMA Negeri 1 Pare , upacara peringatan Hari Pancasila menjadi salah satu kegiatan yang sangat bermakna dan edukatif, terutama dalam menanamkan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda (1/6/2024).


Peserta upacara adalah kelas 10, kelas 11, dan bapak/ibu guru, serta staf karyawan SMA Negeri 1 Pare dengan menggunakan pakaian adat nasional. Peringatan Hari Pancasila Tahun 2024 mengusung tema “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas”. Isi pidato yang disampaikan oleh Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia, yang kali ini dibacakan oleh Ibu Sriwanti, S. Pd. sebagai pembina upacara, adalah mengajak bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni.


Pelaksanaan upacara Hari Pancasila di SMA pada tanggal 1 Juni 2024 bukan hanya sekadar seremoni rutin, tetapi merupakan wujud nyata dari komitmen seluruh warga sekolah dalam menanamkan dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Melalui upacara ini, diharapkan siswa-siswi SMA semakin memahami pentingnya Pancasila sebagai dasar negara dan panduan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Selain itu, upacara ini juga menjadi sarana untuk mempererat rasa persatuan dan kesatuan di antara seluruh warga sekolah.