Jumat, 17 Mei 2024
Sekolah Menengah Atas

SMA Negeri 1 Pare Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

SMA Negeri 1 Pare Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional 2024

Sebagai bentuk menghargai jasa pahlawan pendidikan, SMA Negeri 1 Pare melaksanakan upacara bendera dalam rangka Hari Pendidikan Nasional (Kamis, 2 Mei 2024). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menetapkan tema peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2024 yaitu “Bergerak Bersama, Lanjutkan Merdeka Belajar”
Seluruh siswa, guru, dan karyawan memakai baju adat nasional dan melaksanakan upacara bendera dengan tertib dan hidmat.

Dalam pidato pembina upacara hari ini, Bapak Margo Ridho Leksono, menyampaikan bahwa upacara ini merupakan momen penting untuk mengenang jasa para pahlawan pendidikan, khususnya Ki Hajar Dewantara. Pahlawan pendidikan di sekolah adalah bapak dan ibu guru serta tenaga kependidikan sehingga pesan dalam pedato itu adalah setiap siswa harus menghormati guru selayaknya orang tua/ wali di rumah.

Bapak Mentri Pendidikan, Nadiem Anwar Makarim, dalam pidato yang disampaikan oleh pembina upacara menyampaikan proses perkembangan Kurikulum Merdeka yang kini mulai terlihat hasil yang luar biasa. Meski bukan proses yang mudah, selama lima tahun ini banyak siswa-siswi Indonesia yang mulai merasakan keleluasaan dalam dunia belajar ketika mengakses berbagai sumber belajar. Oleh karena itu, Bapak Mentri Pendidikan mengajar semua guru, didwa, dan tenaga pendidikan untuk terus belajar dan berkembang dalam menyukseskan Kurikulum Merdeka ini.