Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

Inovasi “Sedaya Lansia” Menggugah Kesehatan dan Kemandirian Lansia

Inovasi “Sedaya Lansia” Menggugah Kesehatan dan Kemandirian Lansia

Di tengah peningkatan populasi lanjut usia di Indonesia, inovasi pemberdayaan lansia semakin diperhatikan. Menurut Susenas Maret 2023, 11,75% penduduk Indonesia adalah lansia, dengan mayoritas tinggal di perkotaan. Menyikapi tantangan kualitas hidup lansia, Mahasiswa S2 Kebidanan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta dalam rangka Praktik Pemberdayaan dalam Kebidanan meluncurkan sebuah program Inovasi “Sedaya Lansia” (Sehat dan Berdaya Bersama Lansia) untuk menggugah kesehatan dan kemandirian lansia. Pada kegiatan ini Prof. Dr. Mufdillah, S.SiT., M.Sc selaku penanggung jawab praktek pemberdayaan Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta. Program “Sedaya Lansia” dilaksanakan melalui kolaborasi antara mahasiswa Universitas ‘Aisyiyah Yogyakarta  dan Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Serang. Kegiatan ini dilaksanakan dikediaman Sekretaris Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Serang, program ini menyasar lansia berusia 60 tahun ke atas dengan tujuan mengembalikan semangat hidup mereka dan menjadikan lansia sebagai aset berharga dalam pembangunan berkelanjutan.

Dengan moto “Sehat dan Berdaya Bersama Lansia,” program Sedaya Lansia mencakup berbagai kegiatan yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan fisik dan mental lansia. Dari penyuluhan untuk menggugah kesehatan hingga kegiatan kreatif seperti ecobrick, para lansia diberikan pengetahuan mengenai pola hidup sehat, nutrisi yang baik, dan pentingnya pemeriksaan kesehatan rutin.

Selain itu, mereka juga dilatih membuat kreativitas ecobrick, yang tidak hanya mengurangi limbah plastik tetapi juga memberikan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan “Ini pertama kalinya saya mengikuti kegiatan seperti ini. Sangat menyenangkan dan bermanfaat,” ujar seorang peserta program dengan antusiasme. Organisasi Pimpinan Daerah ‘Aisyiyah Kabupaten Serang berharap program ini berkelanjutan dan menginspirasi pemberdayaan lansia di seluruh Indonesia.

“Kami berharap dapat mengembangkan program ini karena sangat bermanfaat,” ujar perwakilan organisasi, demi tercapainya kesehatan dan kemandirian yang lebih baik bagi semua lansia.