Sabtu, 29 Juni 2024
Perguruan Tinggi

BEM FIKes dan FEISHum Gelar Aksi Sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan

BEM FIKes dan FEISHum Gelar Aksi Sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) dan BEM Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Humaniora Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yoogyakarta mengadakan kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan Grubug, Jati Sarono, Kec. Nanggulan, Kabupaten Kulon Progo (9/6). Dalam kegiatan tersebut, BEM FIKes dan BEM FEISHum UNISA Yogyakarta bekerja sama dengan Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo yang kemudian kegiatannya disebut dengan BEM Sharing Hapiness (BSH) 2024.

Wahyuni Fanlai, selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa kegiatan ini merupakan program kerja departemen Asosma (Agama, Sosial, dan Masyarakat) BEM FIKes UNISA yang kemudian berkolaborasi dengan BEM FEISHum UNISA Yogyakarta yang mengimplmentasikan aksi peduli manusia.

“Kegiatan ini bertema BEM SHARING HAPPINES yaitu BEM sebagai berbagi kebahagiaan, kami harap kedatangan kami dapat memberi sedikit kebahagiaan bagi teman-teman maupun adik-adik panti sekalian. Lewat ilmu maupun pengetahuan yang di bagikan semoga dapat bermanfaat bagi adik- adik dan  kita semua yang ada di sini. Berjalannya acara pada pagi hari ini tidak lepas dari campur tangan para donatur dari berbagai pihak yang telah memberikan donasi untuk berjalannya acara pada pagi hari ini” Ungkap Wahyuni.

Dalam Sambutannya, Ilham Ramadan selaku Gubernur BEM FIKes UNISA Yogyakarta menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan aksi sosial mahasiswa dalam menerapkan Tri Dharma perguruan tinggi.

“Kegiatan sosial ini merupakan implementasi dalam perguruan tinggi tentang pengabdian masyarakat dan merupakan keperdulian kita terhadap sesama manusia. Kegiatan ini berkolaborasi dengan BEM Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Humaniora, harapannya dengan kegiatan kami ini kedepannya dapat menjadi motivasi untuk mahasiswa-mahasiswa untuk lebih peduli mengenai sosial dan kemanusiaan” Ucap Ilham.

Dalam Sambutannya, Ades Adelia Puspitasari selaku Gubernur BEM FEISHum UNISA Yogyakarta menyampaikan bahwa BSH ini sebagai sarana mahasiswa untuk selalu memberikan manfaat kepada Masyarakat sosial.

“Dengan semangat dalam berkolaborasi ini kami mengangkat tema, Satu Langkah dalam Berbagi, Satu Visi dalam Kebersamaan yang harapannya dapat menumbuhkan kepekaan terhadap lingkungan sosial, mempererat rasa kebersamaan dan saling peduli. Melalui kegiatan ini juga semoga menjadi langkah kecil yang dapat memberikan manfaat nyata bagi diri kita maupun lingkungan.” Ucap Ades.

Wakil Dekan FEISHum UNISA, Nurfitri Mutmainah, S.IP., M.PA menambahkan bahwa harapannya dengan terselenggaranya BSH ini dapat memberikan kesempatan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta kebahagiaan bagi anak anak.

“Kegiatan ini merupakan kegiatan yang harus dilaksanakan oleh perguruan tinggi sebagai salah satu wujud dan komitmen perguruan tinggi untuk membantu masyarakat dalam hal baik pemberdayaan masyarakat maupun peningkatan pengetahuan kepada masyarakat. Sasaran pada kesempatan kali ini adalah Panti Asuhan Nanggulan yang harapannya melalui kegiatan ini dapat benar-benar bermanfaat bagi adik-adik semua, yang dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan serta memberikan kebahagiaan untuk adik-adik yang mana sesuai dengan nama program kita yaitu “Sharing Happiness” maka adik-adik harus bahagia.”

Zamroni, selaku Ketua Panti Asuhan Muhamadiyah Nanggulan menyampaikan bahwa program yang dilaksanakan ini merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi anak-anak di panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan.

“Saya selaku ketua pengurus panti asuhan mengucapkan selamat datang dan terimakasih kepada adik-adik UNISA atas kedatangan dan program yang di laksanakan di panti asuhan ini, semoga dapat mengeratkan tali silaturahmi kita antara UNISA dengan panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan, mudah-mudahan ilmu yang disalurkan menjadi ilmu yang bermanfaat bagi anak-anak kami di panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan” Tutur Zamroni.

Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo. Dalam sambutan Bapak Rosiman, S.ST selaku perwakilan dari dinas menguapkan bahwa peran serta masyarkat dalam membantu pergerasakan sosial itu sangat penting.

“Penyelenggaraan kegiatan sosial merupakan bentuk partisipasi masyarkat di dalam membantu pemerintah dalam mensejahterakan sosial, tugas dari pemerintah itu banyak sekali dan  jika tidak ada peran dari masyarkat makan tugas itu tidak dapat terjalan dengan maksimal.

Kami atas nama Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Kulon Progo, mengucapkan semoga semua kebaikan  yang di lakukan bapak ibu pengurus Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan dapat menjadi amal. Serta kami mengucapkan terimakasih kepada teman-teman dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Ilmu Kesehatan (FIKes) dan BEM Fakultas Ekonomi, Ilmu Sosial, dan Humaniora Universitas ‘Aisyiyah (UNISA) Yogyakarta yang telah mengadakan kegiatan bakti sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Nanggulan Grubug” ujar Bapak Rosiman.

Dalam kegiatan BSH, Pihak panitia menyelenggarakan penyampaian materi tentang jajanan yang sehat terhadap anak anak yang diikuti 40 anak dengan rentang usia maksimal 12 Tahun. Setelah penyampaian materi, panitia memberikan PMT yakni pemenuhan kebutuhan nutrisi untuk menstimulasi tumbuh kembang pada anak sebelum memasuki usia remaja. Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak memberikan makan siang yang bergizi dalam kegiatan BSH. Harapannya dengan pemberian makan dengan gizi seimbang, kebutuhan nutrisi pada anak dapat terpenuhi.

Setelah rangkaian acara tersebut berakhir, panitia mengadakan games dengan peserta anak panti untuk stimulasi sensori yang dapat mengasah kemampuan kognitif pada anak. Kegiatan BSH juga mengumpulkan donasi sebanyak Rp. 1.210.00,00 yang kemudian diserahkan ke pengelola Panti Asuhan untuk membantu operasional Panti Asuhan. Harapannya dengan adanya kegiatan BSH, mahasiswa dapat tergerak untuk menginisiasi kegiatan sosial sebagai misi kemanusiaan.