Selasa, 19 Maret 2024
Sekolah Menengah Pertama

Knives Out (Film)- Rian Craig Johnson, 2019

Knives Out (Film)- Rian Craig Johnson, 2019

Oleh:

Nadine Kusmadewi/VIII.1/15

Novelis misteri terkenal yang kaya raya, Harlan Thrombey mengundang seluruh anggota keluarganya ke rumahnya di Massachusetts untuk pesta ulang tahunnya yang ke-85. Keesokan paginya, asisten rumah tangga Harlan, Fran, menemukan Harlan tewas dengan bekas luka gorokan di lehernya. Polisi yakin bahwa kematian Harlan adalah bunuh diri, tetapi seorang anonim membayar detektif swasta Benoit Blanc untuk menyelidiki kasus ini.

Blanc mengetahui bahwa hubungan Harlan dengan keluarganya itu tidak terlalu baik. Sebelumm kematiannya, Harlan sempat mengancam akan mengekspos menantunya, Richard, karena selingkuh dari istrinya, Linda, anak pertama Harlan. Harlan juga menghentikan tunjangan menantu perempuannya, Joni, karena ia mencuri harta milik Harlan, memecat putra bungsunya, Walt, dari perusahaan penerbitannya serta berseteru dengan cucunya, Ransom.

Tanpa sepengetahuan Blanc, setelah pesta ulang tahun itu, perawat Harlan, Marta Cabrera, tidak sengaja memberinya 100g morfin yang seharusnya ia memberi hanya 3g dan menyadarinya setelah ia melihat kemasan dari botol kecil kedua yang bertuliskan ketorolac, yang seharusnya ia beri sebanyak 100g, itu artinya ia telah keliru memberi obat Harlan dan tidak dapat menemukan penawarnya sehingga Harlan hanya tersisa beberapa menit untuk hidup. Untuk melindungi Marta, Harlan memberi instruksi untuk membuat alibi palsu demi menghindari kecurigaan atas kematiannya, lalu Harlan kemudian menggorok lehernya sendiri. Marta melaksanakan instruksi Harlan, tetapi ibu Harlan, Great Nana, melihat Marta dan mengira Marta adalah Ransom.

Marta memiliki penyakit dimana jika ia berbohong, ia akan muntah. Sehingga ia memberikan jawaban yang benar tetapi tidak lengkap ketika Blanc menanyainya. Blanc meminta Marta untuk membantu penyelidikannya. Ketika mereka mencari properti Harlan, Marta berusaha menyembunyikan bukti.

Surat wasiat Harlan dibacakan oleh pengacara Harlan, Alan Stevens, dan berisi bahwa ia meninggalkan seluruh harta bendanya untuk Marta, membuat Marta dan seluruh anggota keluarga Thrombey heran. Mereka menyalahkan Alan dan Marta, tetapi Ransom membantu Marta melarikan diri. Ransom membujuk Marta untuk mengaku kepadanya dan menawarkan untuk membantunya sebagai pertukaran bagian warisannya. Seluruh anggota keluarga lainnya mencoba membujuk Marta untuk meninggalkan warisannya, lalu Walt mengancam akan mengekspos ibu Marta sebagai imigran ilegal.

Marta menerima catatan pemerasan anonim dengan sebagian salinan yang sudah dirobek dari laporan toksikologi Harlan. Ia dan Ransom pergi ke kantor pemeriksa medis, tetapi salinan tersebut telah hancur dalam kebakaran. Marta menerima email anonim dengan waktu dan alamat untuk menemui seorang pemeras. Blanc dan polisi, juga menyelidiki kantor pemeriksa medis yang hancur, melihat Marta dan Ransom. Setelah pengejaran mobil yang singkat, polisi menangkap Ransom, lalu Blanc menjelaskan kepada Marta bahwa Great Nana melihat Ransom turun dari kamar Harlan pada malam kematiannya.

Marta pergi ke alamat sesuai email dan menemukan Fran dibius bersama dengan kasus medis Marta yang hilang. Marta kemudian ragu-ragu, menyadari bahwa Fran dapat menghubungkan Marta dengan kejahatan, tetapi ia melakukan CPR pada Fran dan menelepon 911. Marta mengaku kepada Blanc, tetapi Ransom telah memberitahunya. Di rumah, Marta menemukan salinan laporan toksikologi lengkap yang disembunyikan di tempat penyimpanan ganja Fran. Marta akan mengaku kepada keluarga Thrombey bahwa ialah yang menyebabkan kematian Harlan, tetapi Blanc menghalangi Marta setelah membaca laporan tersebut.

Blanc mengungkapkan potongannya kepada Marta, Ransom serta polisi. Blanc menjelaskan bahwa setelah Ransom mengetahui bahwa Harlan menyerahkan segalanya kepada Marta di pesta ulang tahunnya, ia menukar isi botol obat Marta dan mencuri penawarnya sehingga seakan-akan Marta yang membunuh Harlan dengan overdosis morfin, membuat Marta tidak memenuhi syarat untuk mengklaim warisan karena Marta dianggap sebagai pembunuh. Namun, Marta sudah terbiasa memberikan obat yang benar tanpa membaca label, karena ia dapt mengenalinya berdasarkan berat dan viskositas cairan sehingga Marta tidak bersalah atas kematian Harlan. Setelah kematian Harlan dilaporkan sebagai bunuh diri, Ransom secara anonim menyewa Blanc untuk menemukan kesalahan Marta. Fran kemudian melihat Ransom mencuri kasus medis Marta untuk menyembunyikan fakta bahwa isi botol kecil itu sudah diganti dan mengirimkan email pemerasan kepada Ransom. Mengetahui bahwa Marta secara tidak sadar telah memberi Harlan obat yang benar, Ransom meneruskan email pemerasan kepada Marta. Ransom membakar kantor pemeriksa medis untuk menghancurkan bukti kepolosan Marta. Akhirnya, Ransom membius Fran dengan overdosis morfin dan mengirimkan email lokasinya ke Marta, berencana menjebak Marta atas pembunuhan Fran.

Kemudian Marta mendapat panggilan dari rumah sakit tempat Fran dirawat. Marta menipu Ransom agar mengaku dengan berbohong bahwa Fran telah selamat dan ia akan menyeret Ransom. Setelah Ransom mengaku dan bersumpah membalas dendam, Marta langsung muntah di depan Ransom, mengungkapkan itu adalah kebohongan. Dengan amarah, Ransom menyerang Marta dengan pisau tetapi ia menemukan pisau itu adalah pisau panggung yang bisa ditarik. Polisi telah mencatat pengakuan Ransom, lalu Ransom ditahan ketika Marta mengawasi dari rumah Harlan yang sekarang menjadi rumahnya.

Hal positif yang dapat diambil:

1.      Warisan Bukan Segalanya

Dalam kasus ini, Harlan Thrombey memiliki harta yang berlimpah. Oleh karena itu, ia dapat membiayai seluruh anggota keluarganya, yang menimbulkan mereka bergantung pada Harlan. Pada akhirnya, Warisan yang ditunggu-tunggu oleh seluruh anggota keluarga, ternyata tidak diwariskan kepada seluruh anggota. Mereka yang sudah biasa dibiayai tentu saja kalang kabut, bertengkar dengan sesama anggota keluarga bahkan sampai melakukan hal yang membahayakan orang lain.

2.      Harus Mandiri Secara Finansial

Sama seperti kasus diatas, Tentu saja hal ini tidak akan terjadi kalau setiap anggota keluarga mampu mandiri secara finansial dan tidak bergantung dengan Harlan saat ia masih hidup. Maka dari itu, Mandiri secara finansial sangatlah penting di kemudian hari.