Kamis, 02 Mei 2024
Perguruan Tinggi

Kembali Catat Prestasi, FH UPH Raih Juara Pertama Kompetisi Hukum Bisnis

Kembali Catat Prestasi, FH UPH Raih Juara Pertama Kompetisi Hukum Bisnis

Prestasi gemilang telah diraih tim delegasi mahasiswa Fakultas Hukum (FH) Universitas Pelita Harapan (UPH) yang berhasil meraih 1st Winner dan 3rd Best Legal Opinion Paper, dalam The 5TH National Business Law Community Internal Legal Opinion Competition (NBLCILOC) 2024 yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Semarang (UNNES) pada 13-15 Februari 2024. Dalam kesempatan ini, tim delegasi FH UPH diwakili oleh mahasiswa angkatan 2020 dan 2021 yang terdiri dari Valerie Trifena Eugine Samosir, Cloudio Ardelle Hitipeuw, serta Jordy Gilbert Pradhana 

The 5TH NBLCILOC UNNES 2024 mengusung tema “Leveraging Business Law in infrastructure Project Financing for the Development of the New Capital City”. Pada babak final, tim delegasi UPH menyusun opini tentang kerja sama antara pemerintah dan swasta untuk membangun perumahan Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan skema Kerja sama Pemerintah dengan Badan Usaha (KPBU). Dalam perlombaan ini, para delegasi UPH berhasil melakukan presentasi dengan landasan opini yang mendalam serta solusi inovatif terkait permasalahan tersebut. Valerie dan tim bersaing dengan lima finalis lain yang berasal dari berbagai universitas negeri.  

“Kompetisi ini membawa saya kepada banyak pengalaman serta pembelajaran baru, karena ini adalah kali pertama saya mengikuti kompetisi legal opinion. Saya dapat katakan bahwa kompetisi ini merupakan salah satu kompetisi yang paling sulit untuk saya, karena saya harus menyusun sebuah opini hukum yang bersifat sangat teknis namun harus tetap mudah dimengerti oleh klien. Sehingga hal ini tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi saya dan tim selama menyusunnya,” ujar Valerie selaku Ketua Delegasi. 

Lebih dari itu, Valerie mengaku banyak soft skill yang didapatkan selama mengikuti kompetisi ini, seperti leadership skill, communication skill, dan juga teamwork 

Sama halnya dengan Valerie, Cloudio menambahkan “Melalui lomba ini saya menambah pengetahuan dan konsep-konsep baru seperti Project Financing dan KPBU. Meskipun awalnya topik ini cukup asing, namun kami berusaha untuk banyak mencari tahu. Tentunya, keberhasilan juga karena mendapat dukungan dari dosen serta keluarga Business Law Student Community (BLSC) yang membuat kami berhasil pulang dengan prestasi baru untuk FH UPH,” katanya.   

Jordy Gilbert Pradhana juga menyampaikan, “Pengalaman melalui kompetisi ini menjadi sangat berharga bagi saya, terlebih ini baru pertama kali saya berlomba. Prestasi ini tentunya saya berharap akan semakin memotivasi saya dan teman-teman yang lain untuk terus berkontribusi mengharumkan nama almamater,” ungkapnya. 

Selaku dosen pembimbing dan Wakil Direktur Bidang Kemahasiswaan, Jerry Shalmont, S.H., M.H., menyampaikan apresiasinya kepada para mahasiswa atas prestasi yang telah diraih ini. Ia mengatakan, bahwa FH UPH akan terus menambah koleksi prestasi ke depannya. Di FH UPH para mahasiswa akan selalu diberikan kesempatan untuk mengasah keterampilan di bidang hukum dengan mengikuti berbagai kompetisi.   

Prestasi hebat ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras dan kolaborasi tim yang solid. Dukungan utama juga datang dari dosen pembimbing yakni Jerry Shalmont, S. H., M. H, dan Ekklesia Nauly sebagai student coach. Selain itu, dukungan juga datang dari para alumni yakni Timothy Inkiriwang, Dora Dominica, Herlina Waluyo, dan Adella Kristi yang turut membantu dalam lomba ini. Dukungan penuh juga datang dari anggota dan pengurus komunitas mahasiswa BLSC UPH yang juga menjadi faktor penting dalam meraih prestasi ini. 

Prestasi ini tentunya dapat dicapai dengan kerja keras serta kerja sama tim yang baik, serta bekal ilmu pengetahuan yang telah didapatkan selama kuliah di UPH. Keberhasilan ini tentunya diharapkan akan menjadi inspirasi bagi seluruh civitas akademika UPH untuk terus menghasilkan karya yang berkualitas serta menjadi dampak bagi masyarakat. FH UPH berkomitmen melahirkan mahasiswa yang menjadi pemimpin transformatif di bidang hukum dan memberikan dampak positif bagi Indonesia.  

Program Studi Hukum UPH 

Program Studi Hukum UPH akan memperlengkapi para mahasiswa dengan serangkaian keterampilan hukum yang dipadukan dengan integritas pribadi yang kuat untuk meraih keberhasilan dalam berbagai profesi hukum, baik di lingkup nasional maupun global. Kurikulum FH UPH didasarkan pada landasan hukum nasional dan internasional yang kokoh serta riset terkait, agar mahasiswa mampu menguasai pengetahuan hukum dan memiliki kemampuan memecahkan masalah. FH UPH juga selalu memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengembangkan potensi baik melalui kegiatan di dalam maupun di luar kelas.