Selasa, 30 April 2024
Perguruan Tinggi

Gelar Bukber, Momen Keakraban UPH dengan Media

Gelar Bukber, Momen Keakraban UPH dengan Media

Peran jurnalis sangatlah penting dalam menyuarakan kebenaran dan menyampaikan informasi yang akurat kepada masyarakat, termasuk institusi pendidikan. Sebagai upaya mempererat tali silaturahmi, Universitas Pelita Harapan (UPH) mengundang jurnalis dari berbagai media massa nasional untuk berbuka puasa bersama di Favehotel Puri Indah, Jakarta Barat, pada Selasa, 2 April 2024. Selain menjadi momentum untuk mempererat tali silaturahmi di bulan suci Ramadan, acara bertajuk Bukber UPH 2024: Semakin Akrab, Semakin Berkarya ini juga bertujuan untuk mengapresiasi peran strategis media, meningkatkan sinergi, dan membuka peluang kerja sama dengan berbagai media massa. Dalam acara ini, UPH juga menggelar cek kesehatan gratis dan memberikan tips menjaga kesehatan tubuh dan mental dari para dokter.

Melalui tayangan video, Dr. (Hon.) Jonathan L. Parapak., M. Eng., Sc, selaku Rektor UPH menyampaikan terima kasih kepada rekan-rekan media yang selama ini telah memberikan dukungan kepada UPH. “Kami bersyukur beberapa bulan ini UPH baru mendapatkan Akreditasi Unggul sebagai institusi, dan itu juga karena dukungan dari rekan-rekan media. Jadi sekali lagi terima kasih, selamat menunaikan ibadah puasa,” kata Rektor UPH.

UPH mengapresiasi peran media massa yang telah memperkenalkan UPH kepada masyarakat melalui publikasi-publikasi yang diterbitkan secara luas. Publikasi ini bukan hanya sekadar pengetahuan, tetapi juga sebuah bentuk kolaborasi dalam membangun citra dan kepercayaan terhadap UPH. Peran nyata kerja sama ini terlihat dengan kontribusi rekan media massa dalam membantu publikasi atas kinerja UPH yang terbukti melalui beragam prestasi pada Tahun Akademik 2022/2023. Beberapa prestasi tersebut di antaranya:

  • UPH Raih Akreditasi Unggul dari BAN-PT
  • UPH Meraih Sertifikasi ISO 9001:2015 untuk Sistem Manajemen Mutu dan ISO 21001:2018 untuk Sistem Manajemen Organisasi Pendidikan
  • Fakultas Kedokteran dari Perguruan Tinggi Swasta terbaik di Indonesia, berdasarkan data pemeringkatan EduRank 2023.
  • Penghargaan dari LLDikti Wilayah III untuk Kategori Perguruan Tinggi Swasta (PTS) dengan jumlah Guru Besar Terbanyak pada tahun 2023
  • Penghargaan dari LLDikti Wilayah III untuk Kategori PTS yang Memiliki Satuan Tugas Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual
  • Penghargaan dari LLDikti Wilayah III untuk Kategori Profesor Termuda di LLDikti Wilayah III
  • Penghargaan dari LLDikti Wilayah III untuk Kategori PTS dengan  dengan Infrastruktur Terbaik Tahun 2023
  • Penghargaan dari LLDikti Wilayah III untuk Kategori Dosen dengan Score Publikasi SINTA Tertinggi yang diraih oleh Dr. Ir. Rudy Pramono, M.Si., dosen Fakultas Pariwisata (FPar)
  • Dan masih banyak prestasi lainnya

 

Dengan adanya penghargaan dan pencapaian ini, semakin membuktikan bahwa kualitas pendidikan di UPH unggul dan akan mempersiapkan mahasiswanya menjadi pemimpin masa depan yang profesional. UPH juga akan terus mengambil peran dalam memajukan pendidikan di Indonesia melalui partisipasi aktif dalam berbagai program inovatif pemerintah.

Talkshow

Selain silahturahmi, BUKBER UPH 2024 juga memberikan tips menjaga kesehatan selama puasa yang diberikan langsung oleh dua Dokter spesialis lulusan FK UPH yang kini berpraktik di Rumah Sakit Siloam Lippo Village dan Siloam Kelapa Dua, Tangerang; sekaligus sebagai Dosen di FK UPH. Mereka adalah dr. Ian Huang, Sp.PD., AIFO-K yang merupakan Internis atau Dokter Spesialis Penyakit Dalam dan dr. Darien Alfa Cipta, Sp.KJ., M.Sc., FRSPH yang merupakan Psikiater atau Dokter Spesialis Kedokteran Jiwa.

Dalam paparannya, dr. Ian membagikan materi terkait menjaga kesehatan fisik di tengah puasa. Ia menjelaskan tentang efek puasa bagi kesehatan, kondisi apa yang harus diperhatikan ketika puasa, hingga rekomendasi olahraga ketika berpuasa. Sementara dr. Darien, memaparkan materi terkait pentingnya menjaga kesehatan mental dan pengaruhnya terhadap sistem pencernaan dalam tubuh manusia.

Usai paparan, acara dilanjutkan dengan menyantap hidangan berbuka puasa dengan seluruh tim UPH bersama rekan-rekan jurnalis yang hadir. Lewat acara ini, UPH berharap dapat terus bergandengan tangan dengan media massa agar publik dapat menerima informasi akurat, berkualitas, dan bermanfaat. Selain itu, UPH juga siap memberi dukungan dalam kegiatan yang diselenggarakan oleh media massa dan terbuka untuk berbagai peluang kolaborasi.

Tentang UPH

Berdiri sejak 1994, UPH senantiasa membawa dampak bagi bangsa dan negara melalui pendidikan tinggi yang unggul, holistis, dan transformasional. UPH berkomitmen menghasilkan pemimpin-pemimpin yang kompeten dan profesional yang dilengkapi dengan pengetahuan sejati, iman kepada Tuhan Yang Maha Esa dan karakter yang saleh. UPH terus melebarkan sayapnya melalui kerja sama dengan universitas dari berbagai negara, agar dapat selalu up to date dengan perkembangan terdepan di dunia pendidikan. Demikian pula kemitraan dengan dunia industri, baik di dalam maupun luar negeri, yang dapat menjadi pintu bagi lulusan memasuki dunia kerja.

Berlokasi di Tangerang, Jakarta, Medan, dan Surabaya, UPH memiliki 64 program studi dengan kurikulum yang relevan dan dosen-dosen berkompetensi tinggi. Hingga kini, UPH telah menghasilkan lebih dari 53.000 lulusan yang mengabdi di berbagai bidang, serta menjadi agen perubahan bagi bangsa dan negara.